Inilah Deretan Hadiah dari Jokowi untuk PNS di Bulan Ramadhan

Inilah Deretan Hadiah dari Jokowi untuk PNS di BulanRamadhan – Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bulan Ramadhan nanti sepertinya akan lebih sumringah. Pasalnya, Presiden Joko Widodo akan memberikan sejumlah ‘hadiah’ kepada PNS. Apa saja itu ?

Inilah Deretan Hadiah dari Jokowi untuk PNS di Bulan Ramadhan


Dibolehkan menggunakan mobil dinas

Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tengah menggodok aturan tentang penggunaan mobil dinas. Nantinya jika aturan ini diresmikan, para PNS bisa menggunakan mobil dinas untuk mudik, dengan catatan BBM beli sendiri.


Jam kerja didiskon

Di bulan Ramadhan nanti jam kerja PNS akan didiskon. Untuk instansi pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja, PNS akan masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB, kecuali Jumat pukul 15.30 WIB.

Sedangkan untuk instansi yang memberlakukan enam hari kerja, jam kerja pada Senin-Kamis dan Sabtu, mulai pukul 08.00 sampai jam 14.00. Khusus Jumat, PNS bisa pulang lebih cepat yakni pukul 14.30.

"Untuk hari Senin sampai Kamis, jam istirahat hanya 30 menit, yakni pukul 12.00 - 12.30, sementara Jumat jam istirahat satu jam yakni 11.30-12.30. Jumlah jam kerja dalam seminggu adalah 32,5 jam," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman.


Gaji ke-13 Naik

Pemerintah telah memutuskan menaikkan besaran gaji ke-13. Surat kenaikan gaji ke-13 tinggal ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi). Besaran kenaikan gaji ke-13 buat PNS minimal 4 persen.


Kenaikan gaji

Presiden Joko Widodo pada 4 Juni 2015 telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Perubahan aturan ini berakibat pada naiknya gaji PNS sebagaimana tercantum dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2014 (perubahan terakhir) menjadi sebagaimana tercantum dalam lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015.


Gaji ke-13 dan Rapel turun sebelum puasa

Sekretariat Kabinet menginformasikan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) terkait pencairan gaji ke-13 dan pembayaran rapelan kenaikan gaji 2015. Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun dipastikan panen rezeki pada Juli nanti.