Inilah Segudang Manfaat Kurma Selama Bulan Puasa

Inilah Segudang Manfaat Kurma Selama Bulan Puasa – Kurma merupakan salah satu cemilan buka puasa yang khas ketika bulan puasa tiba. Buah kecil yang mempunyai rasa manis ini tidak hanya disukai di tempat asalnya, tapi juga mancanegara termasuk Indonesia.

Ini tidak lepas dari banyaknya khasiat yang terkandung d dalam buah kurma, terutama saat ini ketika berpuasa 1 bulan penuh.

Kurma kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, fruktosa yang mudah menambah energi dengan cepat seusai dimakan. Dengan konsumsi rutin, kurma juga bisa memberi manfaat lain untuk mengatasi masalah kesehatan selama puasa.

Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk buah utuh atau dalam bentuk cairan, yang dikenal sebagai sari kurma.

Manfaat Kurma Selama Bulan Puasa


Mengobati anemia

Kandungan zat besi yang ada pada kurma dapat membantu pembentukan hemoglobin, yang merupakan bagian penting dari sel darah merah dan membawa oksigen ke sel-sel tubuh.


Mengurangi tekanan darah

Anda yang memiliki riwayat hipertensi juga dianjurkan makan kurma selama puasa. Kandungan kalium dan magnesium yang banyak pada kurma dapat membantu meregulasi tekanan darah tetap normal. Mereka juga mengurangi kekakuan arteri dan menormalkan aliran darah (Baca : 10 Cara Mudah Mengatasi Tekanan Darah Tinggi).


Mengurangi kadar kolesterol tinggi

Selama berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun. Kurma dapat membantu proses tersebut. Kurma dapat menghapus kolesterol jahat dari tubuh anda (Baca : Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi yang Harus Dihindari) .


Mengatasi sembelit

Kurma kaya akan serat dan dengan demikian membantu buang air besar. Makan kurma dapat membantu Anda mencegah sembelit. Serat kurma akan meningkatkan gerakan peristaltik usus yang penting untuk buang air besar.