Kumpulan Tips dalam Mengoperasikan Windows 10

Kumpulan Tips dalam Mengoperasikan Windows 10 – Microsoft telah memperkenalkan secara resmi OS terbarunya di bulan Januari lalu, yaitu Windows 10. Rencananya pada tanggal 29 Juli 2015, Windows 10 akan dirilisdan bisa didownload hingga 1 tahun ke depan.

Sebelum anda menggunakan Windows 10, ada baiknya jika anda mengetahui bagaimana menggunakan fitur fitur yang ada di Windows 10.

Kumpulan Tips dalam Mengoperasikan Windows 10


Cari tahu keyboard shortcut

Untuk mengetahui jenis keyboard shortcut yang bisa dipakai di Windows 10, anda bisa ketik cmd pada kotak pencarian, lalu klik ikon yang muncul, setelah itu pengguna dapat klik menu Properties -> Experimental


Nonaktifkan Fitur Feedback

Fitur feeback biasanya muncul saat anda menggunakan Technical Preview untuk Windows 10, belaum tahu pasti apakah fitur ini masih akan ada pada saat Windows 10 benar benar dirilis. Namun jika anda ingin mematikan fitur ini, anda bisa meng-klik Settings dari menu Start, lalu pilih Privacy -> Feedback. Setelah itu pilih "Microsoft should ask for my feedback" dan klik Never to turn feedback off.


Cara Mengendalikan Cortana

Di Windows 10 ada sebuah aplikasi yang bernama Cortana. Aplikasi diklaim dapat dijadikan asisten pribadi bagi para pengguna OS Windows 10. Jika anda tidak mau menggunakan aplikasi ini, and abisa bisa buat offline si Cortana.

Caranya, cukup mengklik search bar pada bagian task bar, kemudian klik tombol menu di bagian kiri atas layar yang muncul dan terlihat seperti tiga garis horizontal. Klik menu Settings, kemudian pilih ‘Delete tracking info such as flights and packages, in emails on my device’.


Gunakan Keyboard Shortcut

Windows 10 menyediakan beberapa keyboard shortcut terbaru. Untuk memindahkan jendela Window ke kiri dan ke kanan dapat menggunakan shortcut Windows Key-Left Arrow atau shortcut Windows Key-Right Arrow combo.


Memindahkan Program di antara Desktop Virtual

Fitur ini merupakan salah fitur menarik di Windows 10. Anda dapat memindahkan program di antara satu virtual desktop dengan virtual desktop lainnya. Untuk melakukannya, pengguna cukup mengakses Task View dengan menekan Windows Key-Tab lalu klik kanan aplikasi yang ingin dipindahkan di antara kedua virtual desktop lalu lalu pilih Move To.


Menghilangakan suara notifikasi

Untuk menghilangkan suara notifikasi di Windows 10, anda bisa pilih Notification Icon -> All Setting -> Pilih System. Pilih kategori Notifications & actions, ubah menjadi OFF pada Show app notifications.

Untuk suara notifikasi, masuk ke Control Panel lalu pilih Sound lalu pilih tab Sounds. Pilih event notifications, lalu pada scrolling menu pilih none lalu OK.


Rename PC

- Buka Settings lalu pilih System. Setelah itu klik bagian About, dari sana kamu bisa melihat informasi tentang sistem mulai dari versi Windows, product key hingga nama PC yang sedang digunakan.

- Untuk mengganti nama PC, pilih tombol Rename PC.

- Masukkan nama baru PC anda, lalu pilih Next. Setelah selesai, restart PC Windows 10.


Merubah Ukuran Start Menu

Jalankan Start Menu dan atur app tiles yang anda butuhkan atau sering digunakan. Setelah itu arahkan kursor mouse ke paling ujung dari Start Menu Setelah berubah bentuk kursornya, klik dan drag sesuka anda apakah Start Menu tersebut ingin diperkecil atau diperbesar lebarnya dan tingginya.


Menyembunyikan file dan folder di Windows 10

- Buka File Explorer kemudian pilih semua file dan folder yang ingin disembunyikan.

- Pilih tab View dan pilih Hide selected items. Setelah itu pilih Apply changes to the selected items, subfolders and files lalu Ok.


Cara menambahkan recycle bin di Windows 10

- Buka Settings app, pilih Personalization.
- Pilih Themes, kemudian pada Related pilih Desktop icon settings.
- Centang setiap box yang ingin kamu tampilkan di desktop kamu lalu OK.


Cara Memperbaiki Error 0x803F7003 di Windows 10

- Ketika wsreset di Cortana Search box.
- Klik kanan pada aplikasinya lalu pilih Run as Administrator.

Wsreset berfungsi untuk reset cache dari Windows Store. Ketika selesai maka kamu akan melihat bahwa proses reset cache telah selesai. Coba download lagi, jika tidak berhasil coba restart PC Windows 10.


Cara Masuk ke Windows 10 Safe Mode

- Ketik msconfig pada kolom search di Taskbar untuk masuk ke pengaturan System Configuration.
- Pilih Tab Boot dan kemudian centang pilihan Safe Mode, pilih yang Minimal.
- Tekan Apply. Setelah itu akan ada pertanyaan apakah kamu ingin restart sistem atau tidak.


Cara Keluar dari Windows 10 Safe Mode

- Gunakan kombinasi tombol Windows+R untuk mengaktifkan kolom Run, ketik msconfig
- Hilangkan tanda centang dari Safe Mode lalu restart PC kamu.