Cara Alokasi Uang untuk Biaya Hidup di Kota Besar

Cara Alokasi Uang untuk Biaya Hidup di Kota Besar – Di antara kota kota besar di Indonesia, mungkin hanya Jakarta yang masih menjadi magnet bagi para pengadu nasib atau pencari nafkah. Bukan karena banyak lowongan kerja, tapi karena tawaran gaji yang rata rata lebih tinggi dari daerah lain (Baca : Daftar Upah Minimum Provinsi UMP 2015 Lengkap).

Namun hal tersebut juga dibarengi dengan biaya hidup yang tidak murah, Anda harus pintar mengalokasikan gaji yang anda didapat, jika ingin bertahan di kota besar seperti di Jakarta. Lalu bagaimana caranya ?

Cara Alokasi Uang untuk Biaya Hidup di Kota Besar


Transportasi (Rp 175.000,-/bulan)

Agar efisien, sebaiknya anda pilih transportasi umum seperti Transjakarta. Dengan tarif yang sangat terjangkau, yaitu Rp 3.500, anda bisa ke tempat kerja anda dengan biaya murah. Anda juga bisa mengakali anggara transportasi tersebut dengan cara mencari tempat tinggal yang dekat dengan tempat Anda bekerja.


Kebutuhan Bulanan (Rp 150.000,-/bulan)

Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda. Akan tetapi disarankan  untuk rencana keuangan anda pada sektor ini dianggarkan sebesar 150 ribu per bulannya karena angka tersebut dirasa sudah cukup memenuhi


Tempat Tinggal (Rp 450.000,-/bulan)

Ada banyak pilihan tempat tinggal yang bisa anda dapatkan di Jakarta, ika anda tinggal sendiri sebaiknya anda memilih kost karena sesuai dengan kebutuhan anda. Usahakan biaya sewa tempat tinggal anda tidak lebih dari 450 ribu.


Makanan (Rp 750.000,-/bulan)

Harga makanan di Jakarta terbilang masih terjangkau, dengan catatan anda tidak pilih-pilih makanan. Tanamkan pengertian ‘makan untuk hidup’ di pikiran Anda. Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan anggaran sekitar 750 ribu setiap bulannya.


Tabungan (Rp 225.000,-/bulan)

Pertama yang harus anda alokasikan setelah mendapat gaji adalah tabungan. Selain untuk keperluan masa datang, hasil tabungan juga bisa anda manfaatkan untuk berinvestasi.


Refreshing (Rp 150.000,-/bulan)

Boleh saja memanjakan diri sendiri sekali-kali untuk menghilangkan penat, apalagi hidup di kota besar.  Cara yang dipakai tentu tidak berlebihan, dengan menyisihkan uang sebesar 150 ribu anda bisa membeli makanan enak, beli baju baru, atau yang lainnya


Keperluan Sosial (Rp 50.000,-/bulan)

Komunikasi yang dimaksudkan di sini adalah berupa komunikasi dengan ponsel. Berkomunikasi dengan orang lain bisa bermanfaat juga untuk pekerjaan anda karena memiliki banyak teman bisa membantu Anda meraih kesuksesan. Usahakan untuk memilih provider yang menyediakan banyak kemudahan komunikasi anda.


Sedekah (50.000,-/bulan)

Sedekah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan rohani anda. Selain itu sedekah juga akan membawa berkah lebih banyak untuk anda.