Gempa yang Dirasakan di Jakarta Tidak Terjadi di Lempeng Megathrust

Gempa yang Dirasakan di Jakarta Tidak Terjadi di Lempeng Megathrust – Siang tadi, tepatnya pukul 13.14 WIB  Jakarta dilanda gempa dengan kekuatan 5,2 SR yang berpusat di barat daya daerah Pandeglang Banten. Pusat kedalaman gempa 10 km.

Sebelumnya, terjadi kehebohan di dunia maya. Banyak tweepsyang menanyakan apakah merasakan getaran ditempatnya, khususnya yang berada di gedung tinggi.

"Ada gempa ya," kata Dwi Sapta yang berkantor di salah satu gedung di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Tak hanya Dwi Sapta, sejumlah orang kantoran Jakarta lainnya juga mengaku merasakan seperti gempa. "Ini kaya bergetar," tutur Yudi yang berada di lantai lima salah satu gedung di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Gempa yang Dirasakan di Jakarta Tidak Terjadi di Lempeng Megathrust


Menurut BMKG, gempa yang dirasakan warga Jakarta hari ini sebenarnya tidak besar dan merupakan aktivasi biasa,

"Ini gempanya dangkal, tidak terlalu besar. Ada yang merasakan ada yang tidak. Yang di gedung tinggi mungkin merasakan," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, M Riyadi.

"Ini patahan Pandeglang sedang aktif, dan ini hal biasa. Patahan ini sudah jenuh dan melepaskan stresnya," tambah dia.

Riyadi juga mengatakan kalau lokasi gempa tidak berada pada lempeng Megathrust. Sebagai info saja, lempeng Megatrust merupakan lempeng Indo Australia membujur dari Sumatera, Pandeglang, terus sampai ke NTT.

Sejumlah ahli memprediksi gempa besar bisa terjadi bila lempeng Megathrust ini bergerak dan bahkan sampai menimbulkan tsunami di Jakarta.