Ini Hitungannya Jika Rossi Ingin Jadi Juara Dunia MotoGP 2015

Ini Hitungannya Jika Rossi Ingin Jadi Juara Dunia MotoGP 2015 –MotoGP 2015 tinggal menyisakan satu balapan lagi yaitu di Valencia. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini persaingan untuk merebut gelar juara dunia sangat ketat dan semakin memanas, akibat insiden Rossi dan Marquez di Sirkuit Sepang Malaysia lalu (Baca : Video Insiden Rossi di Sepang Malaysia dan Hukumannya).

Jika dilihat dari klasemen terakhir (Baca : Hasil MotoGP Sepang Malaysia 2015 dan Klasemen Sementara), Valentino Rossi sebenarnya hanya butuh hasil runner-up di Valencia untuk menajadi juara dunia MotoGP 2015. Namun peluang itu sangat sulit diwujudkan setelah dijatuhkan sanksi harus memulai balapan dari urutan terakhir.

Berikut hitungan matematis yang harus dipenuhi Rossi jika ingin merebut gelar juara dunia MotoGP tahun ini.

Ini Hitungannya Jika Rossi Ingin Jadi Juara Dunia MotoGP 2015


Lorenzo juara (25 poin)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan kedua.


Lorenzo runner-up (20 poin)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan ketiga atau lebih baik. Jika finish di urutan keempat, poinnya sama dengan Lorenzo dan Rossi kalah dalam jumlah kemenangan seri balapan.

Sebagai catatan, dari 17 balapan yang sudah digelar, Lorenzo juara di enam seri yaitu GP Spanyol, Prancis, Italia, Katalan, Republik Ceko, dan Aragon. Sedangkan Rossi hanya tampil sebagai juara di empat seri balapan yakni GP Qatar, Argentina, Belanda dan Inggris.


Lorenzo urutan ketiga (16 poin)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan keenam atau lebih baik. Jika finish di urutan ketujuh, poinnya sama dengan Lorenzo dan Rossi kalah dalam jumlah kemenangan seri balapan.


Lorenzo urutan keempat (13 pon)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan sembilan atau lebih baik. Jika finish di urutan 10, poinnya sama dengan Lorenzo dan Rossi kalah dalam jumlah kemenangan seri balapan.


Lorenzo urutan kelima (11 poin)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan 11 atau lebih baik. Jika finish di urutan 12, poinnya sama dengan Lorenzo dan Rossi kalah dalam jumlah kemenangan seri balapan.


Lorenzo urutan keenam (10 poin)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan 12 atau lebih baik. Jika finish di urutan 13, poinnya sama dengan Lorenzo dan Rossi kalah dalam jumlah kemenangan seri balapan.


Lorenzo urutan ketujuh (sembilan poin)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan 13 atau lebih baik. Jika finish di urutan 14, poinnya sama dengan Lorenzo dan Rossi kalah dalam jumlah kemenangan seri balapan.


Lorenzo urutan delapan (delapan poin)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan 14 atau lebih baik. Jika finish di urutan 15, poinnya sama dengan Lorenzo dan Rossi kalah dalam jumlah kemenangan seri balapan.


Lorenzo urutan sembilan (tujuh poin)

Rossi tetap menjadi juara dunia jika mampu finish di urutan 15 atau lebih baik. Jika finish di urutan 16 dan seterusnya, poinnya sama dengan Lorenzo dan Rossi kalah dalam jumlah kemenangan seri balapan.


Lorenzo urutan 10 (enam poin)

Rossi menjadi juara dunia tanpa melihat hasil akhir balapan.