Inilah Sisa Runtuhan Rumah Nabi Muhammad SAW

Inilah Sisa Runtuhan Rumah Nabi Muhammad SAW – Meskipun memiliki kedudukan yang lebih mulia dibandingkan raja raja dan kaisar, Nabi Muhammad SAW tetap menjalankan kehidupan yang sederhana, bahkan sangat sederhana. Ini tampak dari kediamannya yang kini tinggal reruntuhan.

Rumah Rasulullah terdiri dari 4 bagian yaitu tempat beliau sholat, ruang tamu, kamar Saidatina Fatimah dan kamar Rasulullah sendiri. Atapnya terbuat dari pelepah daun kurma yang mana kalau siang hari, cahaya matahari dengan mudah masuk ke rumah Rasulullah.

Seperti Diriwayatkan dari Anas ra dia berkata;
“Saya masuk ke rumah Rasulullah SAW, waktu itu beliau sedang tiduran di ranjang dengan mengenakan selimut. Di atas kepalanya bantal yang terbuat dari kulit yang diisi serabut. Lalu, seorang sahabat masuk ke kamarnya yang diikuti oleh Umar. Rasulullah SAW membalikkan badannya sehingga Umar melihat baju Rasulullah SAW tersingkap antara punggung dan baju, lantas ia melihat ada bekas-bekas pada punggung Rasulullah SAW. Umar menangis.

Lalu, Rasulullah bertanya, “apakah yang membuat kamu menangis?”
Umar menjawab, “Demi Allah, saya menangis setelah mengetahui bahwa engkau lebih mulia dari raja-raja dan kaisar. Mereka hidup sesuai dengan kemauan di dunia (mewah dan kaya). Sementara engkau adalah Rasulullah (utusan Allah). Seperti yang saya lihat, kamu tidur di tempat seperti ini (sangat sederhana). ”

Rasulullah SAW lalu bertanya, “Bukankah kamu suka kalau mereka mendapatkan kesenangan dunia sementara kita mendapat kesenangan akhirat?”.

Umar menjawab, “Tentu, wahai Rasul.”. Kemudian Rasulullah SAW berkata lagi, “Memang demikianlah adanya.” (HR Ahmad).


Sisa Runtuhan Rumah Nabi Muhammad SAW


“Rasulullah SAW menghamparkan sebagian tikar di waktu malam dan beliau shalat di atasnya. Baginda pun menghamparkan tikar itu di siang hari untuk tempat orang-orang duduk “(HR Al-Bukhari dan Al-Baihaqi).


Gambar diatas adalah sisa reruntuhan rumah Rasulullah SAW.



Itu gambar reruntuhan pintu masuk kamar Rasulullah SAW.



Ini adalah sisa reruntuhan kamar Rasulullah SAW.



Di atas ini adalah foto reruntuhan tempat Sayyidah Fatimah as, putri kesayangan Rasulullah Saw dilahirkan.



Gambar diatas adalah sisa reruntuhan mihrab tempat Rasulullah saw shalat.