Daftar Obat dan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Daftar Obat dan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan – Bermaksud agar cepat sembuh, orang yang sedang sakit biasanya mengkonsumsi makanan makanan tertentu selain obat. Ini sah sah saja, namun anda perlu perhatiakan makanan yang anda konsumsi, sebab ada beberapa jenis makanan yang ternyata tidak boleh dikonsumsi berbarengan dengan obat.

Dr Aisling Hillick dari babylonhealth.com mengatakan kalau ada beberapa makanan, baik itu berupa buah-buahan, sayuran, ataupun berbentuk minuman yang sebaiknya dihindari selama pengobatan. Apa saja itu ?


Daftar Obat dan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan


Alkohol

Hindari minuman jenis ini bila Anda tengah menjalani pengobatan jenis antihistamine, diabetes atau pereda sakit. Memang biasanya obat-obatan selalu disertai dengan peringatan untuk menghindari alkohol, ini berkenaan dengan minuman keras yang bisa menekan liver.


Kopi

Hindari kopi bila Anda mengonsumsi obat bronchodilator untuk asma. Efek sampingnya termasuk pada detak jantung, rasa gugup. Bila dicampurkan dengan kafein, risiko efek sampingnya bisa meningkat.


Pisang

Hindari buah ini bila Anda sedang mengonsumsi obat tekanan darah. Diketahui, pisang mengandung potasium tinggi, yang memang bagus, namun bagi mereka yang mengonsumsi obat-obatan seperti Captoril, ACE inhibitor atau Angiotensin, maka buah ini harus dihindari.

Pisang dicampurkan dengan obat-obatan ini, tingkat potasium bisa semakin tinggi. Detak jantung bisa makin tak beraturan, juga bisa menyebabkan debaran terus menerus.


Jeruk Nipis

Hindari buah ini bila Anda sedang mengonsumsi obat batuk. Hati-hati dengan jeruk nipis atau jeruk Seville bila obat batuk yang dikonsumsi mengandung dextromethorphan.

Buah-buahan sitrus bisa mengganggu proses bekerjanya obat. Ini juga bisa menimbulkan efek samping seperti halusinasi atau rasa kantuk. Efek buah-buahan asam ini bisa bertahan sampai 24 jam, bahkan bisa lebih lama.


Daun-daunan hijau

Hindari bila Anda mengonsumsi anticoagulant. Daun atau sayuran hijau memang bagus untuk kesehatan saat Anda berdiet, namun bila Anda juga mengonsumsi obat anti penyumbat darah, seperti Warfarin, maka harus lebih berhati-hati.

Ada kandungan vitamin K yang tinggi yang bisa membuat darat membeku atau menggumpal. Warfarin dirancang untuk menghindari pembuatan vitamin K, jadi bila Anda secara tiba-tiba memakan lebih banyak hijau-hijauan, ini akan mengganggu obat.


Liquorice hitam

Hindari ini bila Anda mengonsumsi obat jantung. Liquorice bisa mengurangi kadar potasium dalam tubuh Anda, yang bisa membahayakan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung.