Jangan Makan Ini Kalau Perut Kosong

Jangan Makan Ini Kalau Perut Kosong ! – Perut kosong alias lapar, biasanya membuat kita ingin makan segala jenis makanan. Ini tentu tidak baik, terlebih ada beberapa jenis makanan yang ternyata tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong.

Sebab kandungan yang ada di makanan tersebut bisa mengakibatkan kinerja pencernaan menjadi bermsalah. Berikut daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong.


Jangan Makan Ini Kalau Perut Kosong


Jeruk

Kandungan gula dan asam yang ada pada jeruk akan mudah merusak lapisan pelindung pada lambung saat lambung dalam keadaan kosong, meningkatkan tingkat keasaman pada lambung dan merusak kinerjanya.


Kesemek

Persimmon plastic phenol dan phlobatannin adalah zat yang kaya di dalam kesemek. Zat ini akan mudah menyebabkan asam lambung “membeku” saat lambung berada dalam kondisi kosong. Hal ini akan menyebabkan rasa mual, muntah, sakit maag, dan bahkan lambung yang berlubang.


Nanas

Zat yang terdapat pada nanas sangat merusak lambung saat dimakan dalam keadaan lambung kosong. Nanas akan jauh lebih baik jika dikonsumsi setelah makan supaya setiap zat gizi yang ada di dalamnya terserap dengan baik


Pisang

Pisang memiliki kadar magnesium yang tinggi. Magnesium adalah salah satu zat yang mempengaruhi kinerja jantung secara langsung. Kandungan magnesium yang meningkat dengan pesat saat kita mengkonsumsi pisang dalam keadaan lambung yang kosong akan mengganggu keseimbangan magnesium dalam darah dan mempengaruhi kesehatan tubuh.


Kentang

Kentang juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Kentang yang dimakan dalam keadaan perut kosong akan membuat lambung menghasilkan asam lambung dalam jumlah besar. Kentang juga mengandung senyawa oxidase yang akan menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah besar di dalam saluran pencernaan. Hal ini akan berujung pada perut kembung dan gejala lainnya.


Bawang putih

Bawang putih mengandung zat tertentu yang dinilai “pedas” oleh saluran pencernaan. Konsumsi bawang putih saat lambung kosong akan menyebabkan gastrospasm dan gastritis akut sebagai kondisi terburuk, serta kesulitan pencernaan.


Tomat

Zat-zat yang terdapat pada tomat mudah bereaksi dengan asam lambung dan mengubah asam lambung menjadi padat. Asam yang memadat ini mungkin akan mengganggu jalannya pencernaan, menghalangi saluran pencernaan, dan memperbesar beban kerja dari lambung yang berakhir pada lambung yang sakit. Namun tomat yang dikonsumsi setelah makan akan menurunkan konsentrasi asam lambung dan pemadatan asam lambung tidak akan terjadi.


Gula dan permen

Gula adalah zat yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Mengkonsumsi gula terlalu banyak saat perut kosong akan membuat kadar gula darah meningkat pesat dan tidak mustahil untuk berujung pada penyakit yang berkenaan dengan mata. Selain itu gula juga akan mengganggu kestabilan asam dalam lambung dan berakhir pada kondisi tubuh yang penuh penyakit.