Inilah 5 Tanda Ginjal Anda Rusak

Inilah 5 Tanda Ginjal Anda Rusak – Ginjal memiliki fungsi yang penting di tubuh kita, organ yang ukurannya mirip kacang ini merupakan organ ekskresi yan menyaring kotoran dari darah lalu membuangnya melalui air urin.

Jika organ ginjal mengalami masalah atau bahkan kerusakan, tubuh anda akan menjadi lemah. Selain itu, anda juga harus meluangkan waktu dan biaya lebih untuk melakukan cuci darah.

Berikut beberapa tanda yang menunjukan ginjal sudah mulai bermasalah.

Inilah 5 Tanda Ginjal Anda Rusak


1.Perubahan pola buang air kecil

Seperti yang sudah dibahas di atas, ginjal fungsinya memproduksi urine. Nah, jika pola buang air kecil anda berubah, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Terlebih, urine tersebut berbusa.


2.Bengkak

Jika beberapa bagian tubuh seperti kaki, telapak, tangan, dan wajah kamu membengkak secara tiba-tiba dan penyebab yang pasti, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Karena gejala seperti adalah gejala umum dari ginjal yang sudah mulai rusak.


3.Kelelahan

Tanda ginjal yang sudah mulai rusak akan lebih mudah kelelahan. Hal ini dikarenakan organ menghasilkan sedikit erythropoietin (EPO). Alhasil, otot dan otak lebih mudah lelah. Bahkan rasa lelah ini masih terasa meskipun si penderita sudah banyak tidur.


4.Gatal dan ruam kulit

Ginjal bertugas membuang sisa-sia metabolisme dari peredaran darah. ketika ginjal rusak, maka akan terjadi penumpukan zat sisa di darah dan menyebabkan gatal-gatal di kulit.


5.Nafas menjadi berat dan sesak

Jika nafas kamu tiba-tiba menjadi berat dan sesak, ini menandakan bahwa ginjal kamu sudah mulai rusak. Hal ini terjadi karena adanya kelebihan cairan yang menumpuk di paru-paru, serta anemia. Selain itu, ada juga tanda-tanda lainnya diantaranya adalah tekanan darah menaik, serta ada darah dan protein di urine. Jika sudah mengalami tanda seperti ini, ada baiknya diperiksakan ke dokter.