Inilah Cara Mandi yang Benar

Inilah Cara Mandi yang Benar – Selain menghilangkan kotoran dan segala jenis kuman yang tidak terlihat, mandi juga dapat membuat tubuh menjadi segar. Namun tahukah anda cara mandi yang benar ? Ini perlu diperhatikan agar aktifitas mandi anda bisa efektif untuk kesehatan tubuh anda.

Berikut akan dijelaskan semua hal tentang mandi, dari jenis air yang dipakai hingga urutannya.

Inilah Cara Mandi yang Benar


Pakai Air panas atau dingin?

Seorang dokter kulit di New Orleans' Ochsner Medical Center bernama Lauren Ploch, M.D mengatakan jika tubuh kita memerlukan waktu untuk mendinginkan badan atau mengeringkan rasa lembap pada tubuh sebelum mandi.

Setelah itu anda bisa gunakan air hangat untuk menghapus semua minyak berlebih pada tubuh, lalu mengubah air ke derajat yang tak terlalu panas dan dingin (suam-suam kuku).


Berapa lama waktu yang ideal untuk mandi ?

Dermatolog asal San Francisco Marie Jhin, M.D menyarankan waktu mandi maksimal hanya 10 menit saja dan sebanyak dua kali sehari. Menurutnya mandi bukan berdasarkan kuantitas, namun kualitas.


Bagaimana urutan mandi yang tepat?

Karyn Grossman, M.D., seorang dermatologi di Beverly Hills menyarankan untuk membilas rambut terlebih dahulu lalu mengusapkan sampo pada rambut. Mengapa? Sebab kulit kepala dan rambut memiliki minyak yang lebih.

Setelah mencuci rambut, langkah selanjutnya ialah membilas seluruh tubuh lalu gosok semua permukaan kulit tubuh dengan sabun yang tepat.

Langkah terakhir saat mandi, pastikan anda mencuci muka dengan sabun muka yang tepat untuk menghindari jerawat juga menghilangkan minyak-minyak yang tersisa.


Bagaimana dengan handuk ?

Untuk menghindari kuman dan bakteri tak terlihat, jemurlah handuk anda setiap hari hingga kering. Pemakaian handuk maksimal dua bulan lalu Anda perlu menggantinya. Hindari juga menjemur handuk di dalam kamar mandi, sebab kamar mandi menjadi sarang kuman dan bakteri akibat kondisi yang lembap.