Tips Agar Terhindar dari Riba Bank

Tips Agar Terhindar dari Riba Bank – Dalam Islam, riba merupakan sesuatu yang sangat dilarang. Banyak Hadist yang menerangkan soal riba, dari tingkat dosanya sampai hukuman yang akan diterima para pemakan riba.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana kita bisa menghindari riba bank ? Secara, peran bank di kehidupan kita sangat penting dan sulit dihindari, terlebih sekarang semua aktifitas finasial bisa dilakukan secara online.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari riba bank. Namun perlu diinngat, cara cara ini hanya berupa ikhtiar saja, keputusan kita masih dianggap masih makan riba atau tidak itu kembali ke Allah SWT.

Tips Agar Terhindar dari Riba Bank


Menabung di Bank Syariah

Kehadiran bank syariah sedikit banyak telah membantu umat Islam terhindar dari riba bank konvensional. Fasilitas yang diberikan juga lengkap, dari kartu ATM hingga e-banking. Anda bisa menabung di bank syariah untuk menghindari riba bank konvensional.


Jangan ambil bunga atau bagi hasilnya

Di bank syariah memang tidak ada istilah bunga, adanya bagi hasil. Untuk beberapa kelangan, bagi hasil di bank syariah dianggap sama saja dengan bunga di bank konvensional, yaitu riba. Jika anda sependapat dengan hal tersebut, anda bisa menabung tanpa harus menerima bunga atau bagi hasilnya.

Di bank syariah, ini namanya aqad wadiah (titipan). Anda bisa membuka rekening di bank syariah dengan jenis aqad ini. BNI Syariah merupakan salah satu bank syariah yang menyediakan fasilitas ini.

Di bank konvensional, anda juga bisa melakukannya. Namun tentu tidak mudah, Anda akan mendapat beberapa pernyataan ataupun pertanyaan dari customer service (CS) seperti, “Bunga sudah terinclude di dalam system sehingga tidak bisa”, “Memang alasannya apa ingin menghapus bunga?” Dan pertanyaan maupun pernyataan lain yang terus mendesak kita agar kita tidak menghapus bunga bank ke rekening kita.

Utarakan niat Anda dengan baik, berikan kepercayaan kepada bank seperti, “Apakah tidak ada kebijakan dari bank kepada nasabahnya?” Dan tunggu saatnya CS akan berkata, “baik, saya bicarakan dulu dengan atasan” atau Anda yang memulainya, “Bisa saya bertemu dengan pimpinan bank ini?”.


Uang di tabungan jangan lebih dari 1 juta

Cara lain yang bisa anda lakukan agar bunga bank tidak masuk ke rekening adalah uang yang ada ditabungan jangan lebih dari satu juta. Sebab uang tabungan satu juta ke bawah tidak akan mendapatkan bunga.


Menabung dengan emas

Mungkin ada yang berpikir sepert ini “Kalau hanya menghindari bunga bank tapi kita tetap menabung disana, bukannya tetap makan riba karena kita ikut support kegiatan bank ?”. Jawabannya tergantung anda masing masing, namun jika ingin lebih aman anda bisa konversi tabungan anda dalam bentuk emas, lalu simpan di safe depost box.


Ubah ke bisnis

Bagaimana kalau punya uang banyak, yang tidak mungkin di konversi ke emas semua. Jawabannya adalah buat bisnis atau usaha, meskipun itu skala kecil. Selain terhindar dari riba, anda juga bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain.