Inilah Kebiasaan Buruk yang Sering Menyebabkan Kebakaran

Inilah Kebiasaan Buruk yang Sering Menyebabkan Kebakaran – Kebakaran merupakan salah satu bencana yang mengerikan. Tidak ada orang yang ingin mengalami peristiwa ini. Untuk mencegahnya, anda perlu perhatikan kebiasaan anda di rumah.

Hindari segala sesuatu yang bisa menjadi pemicu kebakaran dirumah, seperti deretan kebiasan buruk berikut ini yang diambil dari National Fire Protection Association.


Inilah Kebiasaan Buruk yang Sering Menyebabkan Kebakaran


Kegiatan barbecue

Setelah Anda berpiknik dan memasak dengan alat pemanggang, segera bersihkan alat tersebut. Pastikan tak ada lagi sisa bara api di dalam pemanggang.


Penggunaan kabel

Cek keadaan kabel di rumah Anda, pastikan tidak ada kabel yang digigit tikus atau mengelupas. Kabel yang rusak akan memicu terjadinya korsleting listrik.


Lilin

Menyalakan aroma terapi memang memberikan ketenangan, tapi matikan apinya saat Anda berniat tidur. Jika memang Anda kemungkinan akan ketiduran, gunakan tempat lilin yang akan mati jika keseluruhan lilinnya sudah meleleh.


Merokok di dalam rumah

Hentikan kebiasaan merokok, jika memang susah untuk dihentikan, lakukan di luar rumah. Saat Anda merokok di dalam rumah, tanpa sengaja bara api dapat mengenai tirai, karpet, sofa, atau pakaian Anda.

Selain itu, sediakan wadah khusus untuk mematikan dan membuang puntung rokok, yang biasanya terdapat pasir. Jangan asal mematikan rokok dan membuangnya.


Penggunaan perabotan yang berhubungan dengan panas

Sama halnya dengan kompor, sebaiknya Anda berkonsentrasi saat tengah menyetrika atau ketika memanggang roti dengan toaster yang ditutup.

Kedua alat rumah tangga ini akan mengeluarkan panas tinggi yang bisa membakar benda di sekelilingnya yang terbuat dari plastik, kertas, ataupun kain. Segera matikan saat Anda tak lagi menggunakannya.


Penyimpanan bahan kimia

Ada beberapa bahan kimia yang wajib disimpan di area yang sejuk, jauh dari panas. Misalnya, cat, seluruh bahan pembersih lantai, thinner untuk membersihkan cat, dan bahan kimia lainnya.

Boleh saja Anda menyimpannya di luar rumah, seperti garasi tapi pastikan memiliki sirkulasi yang baik dan jauh dari area panas.


Tidak fokus pada kegiatan memasak

Perhatikan kebiasaan memasak Anda serta benda-benda lain yang ada di sekelilingnya. Jangan meninggalkan kegiatan memasak Anda —terutama saat kompor dalam keadaan menyala.

Jika harus keluar rumah untuk melakukan hal lain, misalnya membeli barang di warung atau menyapu halaman. Konsentrasilah hanya untuk masakan Anda. Biasakan pula untuk tidak meletakkan bahan kain, seperti serbet atau lap dapur di dekat kompor.