Daftar Makanan yang Baik dan Buruk saat Perut Kosong

Daftar Makanan yang Baik dan Buruk saat Perut Kosong – Ketika perut sudah kosong enaknya memang menyantap semua jenis makanan. Namun hal ini tentu berakibat buruk terhadap kesehatan tubuh anda, sebab ternyata ada jenis makanan tertentu yang tidak baik dikonsumsi saat perut kosong. Jika anda paksa, bisa bisa anda akan mengalami masalah besar nantinya.  

Berikut ini daftar makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi saat perut kosong. Sebelum itu, anda juga bisa baca artikel lain mengenai makanan di bawah ini.


Daftar Makanan yang Baik dan Buruk saat Perut Kosong


Makanan yang mengandung ragi

Makanan ini tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Makanan yang mengandung ragi akan mengiritasi lapisan perut dan dapat menyebabkan perut kembung.

Makanan Manis

Mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan kadar insulin, yang secara signifikan akan meningkatkan muatan pankreas. Hal ini akan memicu diabetes.

Produk susu berfermentasi

Jika anda memakan yoghurt dalam keadaan perut kosong, maka asam klorida akan terbentuk di dalam perut dan membunuh bakteri asam laktat. Dengan kata lain, mengonsumsi produk-produk ini saat sarapan hanya memiliki sedikit manfaat pada tubuh.

Buah pir

Serat kasar yang ditemukan di dalam buah pir dapat melukai selaput lendir halus dari perut yang kosong.

Tomat

Tomat mengandung asam tannic dalam kadar tinggi yang dapat meningkatkan tingkat keasaman perut. Suatu kondisi yang akan menimbulkan mag.

Timun dan sayuran hijau lainnya

Sayuran mentah kaya akan asam amino. Memakannya dalam kondisi perut kosong akan menyebabkan mulas, perut kembung, dan sakit perut.

Pisang

Jika kita mengonsumsi pisang dalam kondisi perut kosong, maka jumlah magnesium dalam darah akan meningkat pesat. Hal ini dapat membahayakan jantung kita.

Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyababkan kerusakan dan iritasi pada mukosa lambung dan meningkatkan produksi asam di dalam perut. Hal ini berkontribusi pada banyak masalah sistem pencernaan.

Minuman berkarbonasi dingin

Mengosumsi minuman berkarbonasi di pagi hari dapat merusak membar mukosa dan mengurangi suplai darah ke dalam perut. Sebagai akibatnya, makanan dicerna dengan lebih lambat.

Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus seperti jeruk atau lemon, kaya akan asam buah. Ketika kita memakannya dalam kondisi perut kosong, mereka akan menyebabkan mulas dan juga meningkatkan risiko radang perut dan bahkan tukak lambung.


Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Perut Kosong


Oatmeal

Oatmeal membuat laposan pelindung di sekitar lapisan perut yang akan mencegah asam hidroklorik yang dapat menyebabkan kerusakan dinding perut. Jenis makanan ini juga mengandung serat larut yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol di tubuh kita.

Gandum hitam

Gandum hitam secara perlahan merangsang sistem pencernaan. Makanan ini juga merupakan sumber yang baik untuk protein, zat besi dan vitamin.

Bubur tepung jagung

Makanan ini membantu menghilangkan racun dan zat logam berat yang ada di sistem pencernaan kita, menormalkan mikroflora usus, dan memberi rasa kenyang dalam waktu yang lama.

Benih gandum

Dua sendok makan benih gandum memberikan sekitar 15 persen kebutuhan harian vitamin E dan 10 persen kebutuhan harian dari asam folat. Makanan ini juga membantu menjaga sistem pencernaan berjalan dengan halus.

Telur

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi telur saat saraman dapat mengurangi asupan kalori secara signifikan.

Semangka

Mengonsumsi semakan dalam kondisi perut kosong memberikan kita jumlah cairan yang cukup. Lebih lanjut, buah ini bagus untuk kesehatan mata dan jantung, disebabkan oleh tingginya kandungan likopen.

Bluberi

Meburut penelitian terbaru, mengonsumsi bluberi secara rutin dapat meningkatkan memori, menjaga tekanan darah dan metabolisme, khususnya jika kita mengonsumsinya saat sarapan.

Roti gandum

Karbohidrat dan zat-zat nutrisi berguna lainnya yang ditemukan di dalam roti berguna untuk tubuh kita. Waktu terbaik untuk mengonsumsi produk ini adalah saat di pagi hari.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, jika kita konsumsi saat sarapan, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan menormalisasi kadar pH dalam perut.

Madu

Madu membantu membangkitkan tubuh kita di pagi hari dan menyediakan kekuatan serta energi untuk sistem tubuh kita. Produk ini juga membantu meningkatkan aktivitas otak dan meningkatkan kadar serotonin yang membantu menjaga mood kita.