Inilah Hal yang harus Dilakukan Ketika Smartphone Terjatuh ke Air

Inilah Hal yang harus Dilakukan Ketika Smartphone Terjatuh ke Air – Kejadian smartphone tercebur ke air, mungkin menjadi salah satu hal yang sering dialami para pengguna smartphone, terutama yang suka sama water traveling alias wisata air.

Agar bisa digunakan kembali, smatrphone yang terjatuh ke air harus diperlakuan secara ekstra hati hati. Sebagai referensi buat anda, berikut beberapa hal yang harus anda lakukan ketika smartphone anda terjebur ke dalam air.

Inilah Hal yang harus Dilakukan Ketika Smartphone Terjatuh ke Air


Power Off

Bila smartphone anda masuk ke dalam air, sebaiknya jangan langsung shutdown. Anda bisa lepas casing, memori, baterai dan sim card satu per satu, lalu keringkan Tapi jika smartphone anda menggunakan non-removable battery, anda bisa segera tekan tombol power dan langsung shutdown secepatnya.


Gunakan tissue

Untuk proses pengeringan, anda sebaiknya gunakan tissue kering. Selain cepat menyerap air, tissue juga bisa menjangkau hampir semua bagian smartphone dengan mudah.


Pakai vacum cleaner

Jika air sudah masuk tertalu dalam, anda bisa gunakan vacum cleaner untuk menyedot air yang sulit dijangkau.


Timbun dengan beras

Ini cara yang umum dalam mengeringkan smartphone. Anda bisa menimbun smartphone ke dalam beras dalam waktu 24 jam.


Gunakan kipas

Untuk memastikan smartphone anda benar benar kering, anda bisa meletakannya di depan kipas angin.


Colokan charger tanpa menghidupkan smartphone

Jika sudah yakin kering, anda bisa colokan charger ke smartphone. Cek, apakah daya listrik masuk atau tidak. Cek juga, apakah timbul panas yang cepat dan berlebihan tidak. Jika smartphone anda cepat panas saat dicharger, sebaiknya jangan diteruskan. Itu berarti ada konseting komponen.

Anda bisa lakukan proses pengeringan lagi atau langsung menuju ke customer service.


Cek semuanya

Jika tahap charger aman, anda bisa langsung menyalakan smartphone anda lalu cek semua bagian yang lain seperti layar atau speaker.