Lakukan 5 Tips Ini Jika Tak Ingin Smartphone Anda Meledak

Lakukan 5 Tips Ini Jika Tak Ingin Smartphone Anda Meledak – Belakangan ini banyak beredar berita mengenai smartphone yang overheating bahkan sampai meledak. Banyak spekulasi penyebab kejadian tersebut, ada yang menduga karena kapasitas baterai yang terlalu besar, peningkatan fitur sampai teknologi pengisian daya lebih cepat.

Agar terhindar dari overheating alias kepanasan, anda bisa ikuti beberapa tips yang diambil dari Economic Times ini. Apa saja ? Berikut ulasannya.


Lakukan 5 Tips Ini Jika Tak Ingin Smartphone Anda Meledak


Jangan Charge Smartphone Semalaman

Salah satu kebiasaaan buruk yang sering dilakukan penggunaan smartphone adalah mengisi daya semalaman. Selain merusak efisiensi baterai dalam jangka panjang, mengisi daya semalaman juga bisa membuat perangkat overheating hingga potensi terbakar atau meledak.


Jangan Taruh Smartphone di Atas Kasur Saat Mengisi Daya

Penting untuk diingat, saat mengisi daya smartphone, jangan pernah menaruhnya di atas kasur atau sofa. Rupanya benda-benda dengan permukaan halus dan empuk bisa menyerap panas.


Lepaskan Casing Smartphone

Kebiasaan menggunakan smartphone di dalam casing ternyata bisa membuat hawa panas terjebak di perangkat. D dengan membuka casing,hawa panas yang ditimbulkan dari proses kerja pun akan mudah keluar dari smartphone dan mengurangi potensi overheating.


Jangan Gunakan Baterai dan Charger yang Bukan Ori

Beberapa aksesoris seperti baterai dan charger dari pihak ketiga rupanya jadi penyebab smartphone mengalami overheating. Hal ini dikarenakan daya yang ada pada charger pihak ketiga berbeda dengan daya pada charger bawaan.


Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sebaiknya, hindarkan smartphone kamu dari paparan langsung sinar matahari. Hal ini ternyata bisa membuat bodi smartphone panas.. Terlebih, jika paparan panas sinar matahari disertai dengan jumlah aplikasi yang beroperasi di background akan meningkatkan hawa panas pada smartphone.