Nih Dia Arti Kode Ban Mobil

Nih Dia Arti Kode Ban Mobil – Setiap produsen ban mobil, pasti mencantumkan kode kode tertentu di dinding ban. Kode tersebut biasanya tidak hanya menggambarkan ukuran ban, tapi juga kemampuan ban dalam menahan beban.

Selain itu, ada juga kode yang menunjukan kekuatan ban dalam melaju hingga kecepatan tinggi. Berikut contoh dan penjelasannya.

Arti Kode Ban Mobil


Pada ban Bridgstone tertera kode 235/45 R18. Apa artinya ?

Angka 245 menunjukan lebar tapak yang dimiliki ban tersebut. Dalam satuan milimeter, berarti ban tersebut memiliki lebar tapak 255 mm.

Sementara angka 45 merupakan aspek ratio. Di sini 45 itu artinya tinggi (atau tebal) ban 45 persen dari tapak ban 235 mm.

Setelah angka 45 terdapat huruf R. Jika terdapat huruf R, itu mengartikan bahwa ban adalah ban radial. Kalau ban bias tidak ditulis R, biasanya ditulis garis saja. Jadi misalnya 235/45-18.

Selanjutnya angka 18 pada gambar ban di atas adalah ukuran diameter rim (pelek) dalam satuan inci.

Kemudian angka 98 setelah ukuran rim adalah kode load index. Load index ini yang harus sesuai rekomendasi produsen mobil. Karena, load index menggambarkan kemampuan ban menumpu beban.

Ada kode tertentu pada load index. Misalnya dengan angka 98, maka ban bisa menahan beban maksimal hingga 750 kg. Gambar berikut adalah rincian angka load index.


Arti Kode Ban Mobil

Arti Kode Ban Mobil