Inilah Daftar Mata Uang di Dunia yang Sulit Dipalsukan

Inilah Daftar Mata Uang di Dunia yang Sulit Dipalsukan – Bank Indonesia baru baru ini mengeluarkan rupiah terbaru (Baca : Inilah Penampakan Rupiah Terbaru Tahun Emisi 2016) yang diklaim memiliki tingkat pengamanan lebih baik dari versi sebelumnya. Hal ini untuk meminimalisir kejahatan pemalsuan uang.

Di setiap negara memiliki pengamanan yang berbeda beda terhadap mata uangnya. Semakin banyak atau kompleks, semakain susah mata uang tersebut untuk dipalsukan.

Dari semua mata uang yang ada di dunia, 7 mata uang berikut dinilai memiliki pengamanan yang paling baik. Ini ulasannya.


10 ribu Tenge, Kazakhstan

Uang jenis ini merupakan pecahan pertama yang menggunakan benang pengamanan yang bisa terlihat dari dua sisi. Benang tersebut memiliki tanda khusus dan transparan sehingga mudah untuk dikenali.


50 Peso, Meksiko



Pecahan uang ini dibuat dari polimer plastik berlapis yang mampu berubah warna apabila uang tersebut dilipat. Fitur ini sangat sulit untuk ditiru apalagi dibuat dengan alat-alat rumahan.


1.000 Kronor, Swedia



Pecahan uang yang dicetak oleh pemerintah Swedia ini memiliki tanda pengamanan yang unik. Pecahan ini juga menggunakan benang mikrolens, sama dengan yang digunakan oleh pecahan 100 dolar Amerika Serikat.


10 Dolar, Hong Kong



Uang ini dibuat dengan tinta khusus yang menyebabkan warnanya cerah dan sulit untuk ditiru. Jenis tinta tersebut juga membuat uang 10 dollar ini memiliki tekstur berbeda dari uang pada umumnya.


10 Rupee, Nepal



Uang pecahan 10 Rupee asal Nepal ini menggunakan benang metalik yang dicampurkan dalam kertasnya. Bahan polimer yang digunakan pun sangat khusus sehingga sangat sulit untuk dipalsukan.


1.000 Dinar, Irak



Huruf yang menonkol memberikan tekstur tersendiri dalam pecahan ini. Uang ini juga dicetak dengan menggunakan tinta khusus yang pengamanannya hanya bisa dilihat di bawah sinar ultraviolet.


20 Pound sterling, Inggris



Uang asal Inggris ini mengandung benang holograp yang permanen. Tulisan dalam benang tersebut juga hanya bisa terbaca saat uang dilipat.