Inilah Gejala Awal Terkena Stroke Ringan

Inilah Gejala Awal Terkena Stroke Ringan – Jangan sepelekan penyakit yang satu ini, sebab penderitanya kini tidak hanya orang tua saja tapi juga usia muda. Transient Ischemic Attack (TIA) atau straoke ringan merupakan sebuah tanda jika ada gangguan pembuluh darah di otak.

Jika tidak diatasi dengan segera, stroke ringan bisa menjadi stroke berat dan bisa mengakibatkan kematian. Dikutip dari Medical Daily, stroke ringan sebenarnya bisa dikenali dengan FAST, yaitu Face, Arms, Speech dan Time.

Baca : Cara Mengobati Stroke secara Alami

Inilah Gejala Awal Terkena Stroke Ringan


Face (wajah)
Stroke ringan bisa diketahui dari wajah. Anda bisa minta orang yamg dicurigai stroke untuk tersenyum. Apabila wajah atau mulutnya menjadi tidak simetris saat senyum, waspadai stroke.

Arms (lengan)
Angkat kedua lengan orang yang dicurigai terkena stroke ringan lalu tahan selama beberapa detik. Apabila salah satu lengan turun atau tidak bisa diangkat, kemungkinan mengalami stroke ringan.

Speech (bicara)
Mungkin ini cara yang paling mudah untuk mengenali stroke ringan, sebab stroke bisa membuat bicara melantur dan tidak jelas.

Time (waktu)
Waktu sangat berarti bagi kesehatan otak. Ketika sudah mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera bawa ke dokter, sekalipun gejala tiba-tiba hilang. Tindakan ini untuk mencegah kerusakan di otak meluas.

Selain gejala atau tanda tanda diatas, menurut American Stroke Association ada gejala stroke ringan lain yang juga harus diperhatikan. Seperti

1. Mati rasa pada wajah, lengan atau kaki. Mati rasa biasanya hanya terjadi pada satu sisi tubuh.
2. Kebingungan, kesulitan berbicara dan memahami sesuatu.
3. Tiba-tiba mengalami kesulitan melihat pada satu atau kedua mata.
4. Kesulitan berjalan, pusing, kurang bisa menjaga koordinasi dan keseimbangan tubuh.
5. Sering sakit kepala yang cukup parah tanpa tahu penyebabnya dengan pasti.