Inilah Harga Rusunami di Lahan PT KAI

Inilah Harga Rusunami di Lahan PT KAI – Berdasarkan MoU antara PT KAI dan Perumnas, rumah susun sederhana milik atau Rusunami akan dibangun di lahan milik PT Kereta Api Indonesia, tepatnya di area dekat stasiun.

"Ibu Rini minta Groundbreaking (rumah susun sederhana milik/rusunami) secepatnya. Mengejar ketertinggalan penyediaan perumahan," kata Direktur Utama Perum Perumnas, Bambang Tribowo.

Rencananya akan dibangun 5 ribu unit yang tersebar di tiga stasiun, yaitu 3.600 unit di Stasiun Bogor, 520 unit di Stasiun Pondok Cina, serta 860 unit di Stasiun Tanjung Barat

"Totalnya ada 5.000 unit, kalau di Stasiun Bogor 4,2 hektar paling luas kemudian di Tanjung Barat 1 hektar dan di Depok tidak terlalu luas," tutur Bambang.

Mengenai desainnya, Bambang menambahkan kalau rusunami yang akan dibangun, tidak semuanya dibuat sebagai hunian melainkan kawasan komersil. Dua lantai untuk komersil, diatasnya akan dibuat roff garden.

Lalu berapa harganya ?

Inilah Harga Rusunami di Lahan PT KAI


Kata Bambang, rusunami di kawasan Stasiun Bogor, Pondok Cina dan Tanjung Barat dibanderol di kisaran Rp 6,5 juta/m2 hingga Rp 13 juta/m2.

Sedangkan tipenya, Perum Perumnas menyediakan unit yang bervariasi dari masing-masing tower. Tersedia tipe 21 hingga tipe 45.

Bambang menuturkan, sekitar 30-40% dari 5.000 unit rusunami itu, diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan).

"Harus ada (skema FLPP). Perumnas kan misinya itu. Kita menyediakan rumah untuk MBR," tukasnya.