Inilah Penampakan Rupiah Terbaru Tahun Emisi 2016

Inilah Penampakan Rupiah Terbaru Tahun Emisi 2016 – Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan peluncuran uang Rupiah terbaru tahun emisi 2016. Ada 11 macam uang rupiah Emisi 2016 dengan gambar pahlawan baru.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan kalau uang Rupiah terbaru ini sangat aman, sebab sudah menggunakan 9 hingga 12 unsur pengamanan.

"Bahkan untuk uang kertas Rp100 ribu, ada semua, yakni 12 unsur. Ke-12 unsur itu dilihat dari unsur (pengamanan) warna, ultraviolet, benang dan teknologi Rectoverso dan lain-lainnya," kata Agus.

Berdasarkan keterangan resmi BI, beberapa unsur pengaman itu, di antaranya, perubahan warna (color shifting), fitur pelangi, gambar tersembunyi, fitur ultra violet, tekstur, dan teknik rectoverso.

Dari fitur pergantian warna, BI menjelaskan apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi perubahan warna.

Kemudian dari sisi fitur pelangi, apabila dilihat dari sudut pandang tertentu, maka pada uang rupiah akan muncul gambar tersembunyi multiwarna berupa angka nominal.

Selanjutnya dari fitur gambar tersembunyi, apabila dilihat dari sudut tertentu, maka pada uang rupiah akan muncul gambar berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang.

Sementara dari sisi fitur ultra violet, BI memperkuat ultra violet yang memendar menjadi dua warna. Dari sisi rectoverso, apabila diterawang akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI dan gambar pahlawan nasional.


Pecahan Rp 100 ribu


Pecahan Rp 50 ribu





Pecahan Rp 20 ribu





Pecahan Rp 10 ribu





Pecahan Rp 5 ribu





Pecahan Rp 2 ribu





Pecahan Rp 1 ribu






Pecahan Rp 500





Pecahan Rp 200




Pecahan Rp 100