Catat, Elpiji Murah Bisa Dibeli Sampai Bulan ini

Catat, Elpiji Murah Bisa Dibeli Sampai Bulan ini – Selain Tarif Dasar Listrik (TDL) yang mengalami perubahan skema subsidi (Baca : Merasa Layak Disubsidi Listrik Tapi Tetap Dicabut, Begini Cara Lapornya), gas 3 kg rencananya akan mengalami hal yang serupa.

Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan aturan baru dalam penyaluran subsidi elpiji 3 Kilogram di masyarakat. Ini untuk mengatasi masalah pemberian subsidi yang tidak tepat sasaran.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan,  elpiji 3 Kg bersubsidi seharusnya dikonsumsi oleh pihak yang berhak, yaitu masyarakat miskin dan usaha mikro.

Namun, pada kenyataannya elpiji yang dibungkus dengan tabung berkelir hijau tersebut bebas dikonsumsi berbagai kalangan. Hal tersebut tercermin dari berlebihnya konsumsi elpiji, di luar dari paket perdana yang telah dibagikan sebanyak 57 juta paket.

Catat, Elpiji Murah Bisa Dibeli Sampai Bulan ini


Untuk mendapatkan gas subsidi 3 Kg, masyarakat yang berhak nantinya akan diberi kartu sebagai tanda bukti. Kartu tersebut juga berisi subsidi berupa uang elektronik. ‎Dengan begitu, ketika membeli elpiji kartu tersebut harus ditunjukkan.

"Mulai Maret ada di beberapa lokasi, masyarakat yang berhak dapat kartu dari Pemerintah. Hanya yang mendapat kartu bisa menikmati subsidi," ujar Wianda.

‎Wianda mengungkapkan, pelaksanaan penyaluran subsidi elpiji tepat sasaran membuat harga elpiji 3 kg akan ikuti harga keekonomian.

Jadi masyarakat yang tidak memiliki kartu dan masuk kategori mampu membeli elpiji 3 Kg dengan harga keekonomian. Sedangkan kartu yang memiliki kartu tetap bisa membeli dengan harga yang disubsidi seperti sekarang. "Di luar itu (masyarakat miskin), menikmati dengan harga keekonomian," tutur Wianda.