Nih Dia “Kesaktian” Kartu Indonesia 1

Nih Dia “Kesaktian” Kartu Indonesia 1 – Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan (DJP Kemenkeu) tidak lama lagi akan meluncurkan kartu “sakti” yang diberi nama Kartu Indonesia 1 atau Kartin1. Kartu ini memiliki multifungsi dan banyak manfaat

Anda bisa menggunakan Karti1 untuk pembayaran klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), kartu kredit, hingga Surat Izin Mengemudi (SIM).

Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi DJP, Iwan Djuniardi mengatakan setidaknya ada lima manfaat Kartu Indonesia 1 ini, yaitu antara lain :

Nih Dia “Kesaktian” Kartu Indonesia 1


Lebih mudah dan simple

Dengan kartu ini masyarakat tidak perlu lagi membawa banyak kartu ketika bepergian, karna kartu ini multi-identitas.


Ada loyalti

Ada semacam loyalti program bagi pemilik kartu tersebut. "Misalnya beli barang di pasar retail, lalu menunjukkan Kartu Indonesia 1, maka ada poin yang bisa jadi reward dan ditukar dengan undian atau pengurang penghasil bruto. Ini program jangka panjang. Konsep ini seperti di Korea," kata Iwan Djuniardi.


Menjadi kartu tax clearance

Kartu ini akan menjadi kartu tax clearance. Hal itu sesuai dengan peraturan yang menyatakan dalam memberikan pelayanan, institusi negara harus mengaitkan dengan kewajiban perpajakan.


Bisa digunakan untuk BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan

Dengan kartu ini masyarakat bisa menggunakan layanan BPJS kesehatan maupun ketenagakerjaan.


Diintegrasikan dengan kartu subsidi

Kartu ini akan diintegrasikan dengan kartu-kartu subsidi yang sudah dibagikan pemerintah, sehingga masyarakat yang sudah dikasih subsidi, dengan memiliki kartu ini akan bertambah subsidinya.