Inilah Jenis Kecerdasan Manusia dan Profesinya

Inilah Jenis Kecerdasan Manusia dan Profesinya – Selama ini kecerdasan manusia hanya diukur melalui tes IQ saja, semakin tinggi nilai IQ nya maka semakin tinggi tingkat kecerdasannya. Tapi tahukah anda, kalau sebenarnya kecerdasan itu tidak sesimple itu.

Howard Gardner, seorang evelopmental psychologist mengatakan kalau kecerdasan manusia intinya pada bidang bidang tertentu saja. Menurutnya ada 9 kecerdasan manusia yang ada saat ini dan tentunya tidak bisa diukur dengan skor IQ. Berikut ulasannya.

Inilah Jenis Kecerdasan Manusia dan Profesinya


Logical-Mathematical Intelligence

Mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi, menciptakan hipotesis, berpikir dalam pola sebab akibat, dan pandangan hidupnya bersifat rasional, itu adalah ciri ciri kecerdasan Logical-Mathematical. Contohnya seperti ilmuwan, akuntan, programmer.


Intra-personal Intelligence

Jika anda mampu menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, terbuka, menjalin kontak mata dengan baik, menunjukan empati pada orang lain, mendorong orang lain menyampaikan kisahnya. Artinya dalam diri anda memiliki kecerdasan interpersonal yang lebih.  Contohnya networker, negotiator, guru, dosen, psikolog, pemimpin spiritual, dan filsuf.


Naturalist Intelligence

Dilihat dari namanya, mungkin anda langsung mengetahui jenis kecerdasan ini. Ya, Naturalist Intelligence yaitu jenis kecerdasan dalam memahami dan menikmati alam. Baik itu lingkungan, tumbuh-tumbuhan atau binatang.

Profesi yang memiliki kecerdasan ini seperti pendaki gunung, pemburu, pemandu wisata, petani, nelayan, dan lainnya.


Existential Intelligence

Kalau dalam hidup, anda selalu memiliki banyak pertanyaan tentang hakekat segala sesuatu yang ada atau yang terjadi, itu berarti anda memiliki kecerdasan eksistensial dan cocok menjadi seorang filsuf.


Spatial Intelligence

Kecerdasan ini akan membuat anda lebih peka terhadap sesuatu yang lebih detail, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang, mudah memperkirakan jarak dan ruang, serta mampu membuat sketsa ide dengan jelas. Contohnya para arsitek, fotografer, designer, pilot, insinyur.


Bodily-Kinesthetic Intelligence

Buat anda yang menikmati kegiatan fisik (olahraga), cekatan dan tidak bisa tinggal diam, berminat dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan gerak dinamis. Artinya anda memiliki kecerdasan kinestetik-jasmani dan bisa memilih profesi sebagai atlet, penari, ahli bedah, pengrajin, atau lainnya.


Linguistic Intelligence

Orang yang memiliki jenis kecerdasan ini mempunyai kemampuan berargumentasi, bisa meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata, membaca dan dapat mengartikan bahasa tulisan dengan jelas, dan mampu mengolah kata–kata secara efektif baik secara lisan maupun secara tertulis. Contoh yang tepat pada kemampuan ini seperti editor, blogger, jurnalis, dramawan, sastrawan, dan lainnya.


Musical Intelligence

Ada beberapa orang yang sangt peka terhadap nada, ritme, melodi, dan intonasi. Itu berarti dia memiliki kecerdasan musikal. Contoh profesi yang memiliki kecerdasan ini seperti para musisi, pencipta lagu, penyanyi, dan lainnya. 


Interpersonal Intelligence

Kalau anda bisa membedakan berbagai macam emosi, mudah mengakses perasaan sendiri, menggunakan pemahamannya untuk memperkaya dan membimbing hidupnya, suka meditasi, dan lebih suka kerja sendiri. Artinya anda memiliki kecerdasan intrapersonal. Orang orang yang memiliki kecerdasan ini seperti komunikator, fasilitator, guru, dan politisi.