Inilah Penyebab Terbesar Kematian di Dunia Saat ini

Inilah Penyebab Terbesar Kematian di Dunia Saat ini – Belum lama ini, badan kesehatan dunia WHO merilis data kematian terbaru yang terjadi di dunia. Dari 50 juta kematian yang tercatat sepanjang tahun 2015, lebih dari setengahnya disebabkan oleh 10 kasus besar.

Berikut daftar penyebab kematian terbesar di dunia saat ini yang diambil dari situs resmi WHO.

Inilah Penyebab Terbesar Kematian di Dunia Saat ini


Penyakit jantung iskemik

Ini penyebab kematian terbesar di dunia dan tidak pernah tergoyahkan selama 15 tahun, dengan 8,7 orang diperkirakan meninggal karena penyakit ini.


Stroke

Di posisi kedua ada penyakit stroke. Sama seperti jantung iskemik, posisi stroke juga tidak tergoyahkan. Jumlah korban meninggal akibat stroke diperkirakan mencapai 6,2 juta.


PPOK

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) adalah penyakit yang paling sering terjadi pada perokok. PPOK ini ditandai dengan keterbatasan aliran udara di saluran nafas karena adanya inflamasi paru dan bersifat progresif.


ISPA

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) rentan berakhir fatal bila terjadi pada anak-anak dan orang tua. Posisinya di ranking tiga penyebab kematian tertinggi di dunia tahun 2015 tak berubah seperti pada tahun 2000.


Kanker paru

Di tahun 2000 posisi kelima penyebab kematian tertinggi di dunia sebetulnya pernah diisi oleh penyakit diare. Hanya saja seiring berjalannya waktu ada pergeseran tren penyakit dan kini posisi kelima diisi oleh berbagai kasus kanker paru.


Diabetes melitus

Di tahun 2015 WHO mencatat bahwa diabetes melitus bertanggung jawab terhadap sekitar 1,5 juta kematian. Dengan angka tersebut diabetes menempati posisi ke enam dari 10 penyebab kematian terbesar di dunia.


Penyakit diare

Di tahun 2015 WHO mencatat bahwa masalah penyakit diare menyumbang sekitar 1,3 juta kematian di dunia.


Alzheimer dan Demensia lainnya

Demensia atau pikun adalah gangguan degenerasi otak yang membuat seseorang kehilangan fungsi otak secara cepat. Biasanya terjadi pada lansia dengan efek yang paling parah akan membuat seseorang lupa bagaimana mengerjakan hal-hal sederhana sekalipun.

Pada akhirnya pasien demensia akan hanya bisa terdiam di tempat tidur dan rentan terkena infeksi. Menurut WHO di tahun 2015 kematian yang terjadi berkaitan dengan demensia ini mencapai sekitar 1,5 juta jiwa.


Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri. TB bisa diobati hanya saja memang membutuhkan waktu lama sehingga menuntut kepatuhan pasien untuk rutin minum obat. WHO menyebut di tahun 2015 TB secara keseluruhan menimbulkan kematian sekitar 1,3 juta jiwa.


Kecelakaan lalu lintas

Di tahun 2000 penyebab kematian tertinggi posisi terakhir pernah diisi oleh kasus kematian bayi akibat komplikasi. Namun sejak tahun 2015 posisi tersebut telah digantikan oleh kasus kecelakaan lalu lintas yang memakan korban sekitar 1,3 juta jiwa.