Inilah Deretan Poin Menarik Liga 1 Indonesia

Inilah Deretan Poin Menarik Liga 1 Indonesia – Para pecinta sepakbola Tanah Air tengah bersipa menyambut kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia yaitu Gojek Traveloka Liga 1. Kickoff direncanakan akan mulai  pada tanggal 15 April mendatang.

"Yang kami harapkan bisa menjawab tantangan dengan menghadirkan pertandingan berkualitas yang berjalan aman. Kami ucapkan terima kasih kepada Gojek dan Traveloka serta kepada seluruh sponsor lainnya, juga klub-klub peserta yang akan mulai bertanding tanggal 15 April. Selamat bertanding, jaga terus sportivitas," kata Direktur Utama PT. LIB, Berlinton Siahaan.

Liga 1 ini digadang gadang akan menjadi pintu gerbang kebangkitan dunia sepakbola Indonesia, setelah beberapa tahun terakhir terpuruk akibat ricuh.

Ada sejumlah poin menarik tentang Liga yang disponsori dua perusahaan teknologi terbesar ini, yang tentunya sayang kalau anda lewatkan. Apa saja itu ? Berikut ulasannya.

Deretan Poin Menarik Liga 1 Indonesia


Ada 18 klub di Liga 1

Tercatat ada 18 klub yang siap mengikuti Liga 1, yaitu Arema FC, Bali United, Barito Putera, Bhayangkara FC, Madura United, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Persib Bandung, Persela Lamongan, Persegres Gresik United, Perseru Serui, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Pusamania Borneo FC, PS TNI, PSM Makassar, Semen Padang, dan Sriwijaya FC.

Tiga klub yang berada di tiga posisi terbawah akan langsung degradasi ke Liga 2.


Waktu bergulirnya Liga 1

Jika berjalan sesuai rencana dan tidak ada hambatan, kompetisi Liga 1 akan bergulir selama 34 pekan dan berakhir pada tanggal 12 November 2007.


Nilai sponsor Liga 1

Meskipun Gojek dan Traveloka tidak menyebutkan nilai support mereka untuk Liga 1, namun melalui Ketum PSSI diketahui kedua perusahaan tersebut mengelontorkan dana sebesar 180 miliar.


Hak siar Liga 1

Adalah TV One yang akan menjadi satu satunya channel TV yang menyiarkan semua pertandingan Liga 1. TV One mengeluarkan banyak dana untuk hak siar ini.  


Jumlah pertandingan yang disiarkan

TV One akan menayangkan lebih dari 200 pertandingan Liga 1.


Modal awal klub

Masing-masing klub akan diberi modal awal 7,5 miliar untuk mengarungi kompetisi Liga 1.


Regulasi pemain

Setiap klub hanya diperbolehkan menggunakan dua pemain yang sudah berumur lebih dari 35 tahun. Setiap klub juga wajib mendaftarkan 5 pemain U-23 dan memainkan 3 pemain di setiap pertandingan minimal 45 menit.

Setiap klub hanya diperbolehkan memiliki 2 pemain asing non asia + 1 asing asia dan maksimal 5 marquee player jika sanggup asal tidak melebihi pembatasab gaji yang maksimal 15 miliar.


Pergantian pemain dilakukan hingga 5x

PSSI akan menerapkan aturan pergantian pemain sebanyak 5x di setiap pertandingan Liga 1. Entah jadi atau tidak, namun pihak PSSI mengklaim bahwa aturan ini sudah diberitahu ke FIFA, sebagai induk organisasi sepakbola.