Inilah Syarat Terbaru untuk Mobil yang Mau Dipakai Taksi Online

Inilah Syarat Terbaru untuk Mobil yang Mau Dipakai Taksi Online – Untuk meminimalisir gesekan antara transportasi online dan konvensional, Kementrian Perhubungan secara resmi memberlakukan aturan baru yang tercantum pada Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 26 Tahun 2017 tentang Perubahan PM Nomor 32 Tahun 2016 mengenai Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.


Pada aturan tersebut, terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi para penyedia jasa transportasi online. Berikut ulasannya.

Syarat Terbaru untuk Mobil yang Mau Dipakai Taksi Online


KIR

Persyaratan pertama yang wajib dipenuhi yaitu uji kelayakan mobil atau KIR.  Dalam pelaksanannya, penyedia jasa diberikan kesempatan masa transisi selama dua bulan.


Kapasitas mesin

Selanjutnya mengenai kapasitas mesin. Angkutan sewa umum atau taksi biasa dikenakan batas kapasitas mesin kendaraan minimal 1.300 cc, sedangkan angkutan sewa khusus atau taksi online minimal 1.000 cc.


STNK

Kemudian adalah ketentuan mengenai STNK atas nama perusahaan. Dalam hal ini direvisi menjadi STNK atas nama badan hukum. Selanjutnya STNK yang masih atas nama perorangan masih tetap berlaku sampai dengan habis masa berlakunya.


Informasi transaksi

Untuk memudahkan pemerintah dalam memantau aktifitas taksi online, termasuk didalamnya transaksi nanti akan dibangun akses digital dashboard. Dashboard ini akan memuat bank tempat penampungan transaksi dan sebagainya.


Tarif

Berdasarkan aturan terbaru, tarik taksi online akan ditetukan berdasarkan tarif batas atas dan bawah yang akan diserahkan sepenuhnya kepada Gubernur sesuai domisili perusahaan.