Cara Mengetahui Perusahaan Travel Umroh yang Nakal

Cara Mengetahui Perusahaan Travel Umroh yang Nakal – Kasus First Travel yang sedang menjadi topik hangat belakangan ini, sedikit banyak telah membuat masyarakat khususnya yang ingin pergi umroh lebih berhati hati dalam memilih perusahaan travel.

Pasalnya, korban dari First Travel tidak sedikit jumlahnya yaitu sekitar 35 tibu orang, dengan kerugian mencapai Rp 500 miliar.

Kasus ini sebenarnya bukan yang pertama kali, sebelumnya banyak kasus kegagalan berangkat yang dialami oleh jemaah umrhh gara-gara salah urus hingga penyimpangan yang terjadi di biro travel.

Agar anda tidak menjadi korban, ada baiknya jika anda mengenali mana perusahaan travel yang bisa dipercaya dan mana yang tidak. Berikut tips cara mengetahui perusahaan travel umroh yang abal abal.

Cara Mengetahui Perusahaan Travel Umroh yang Nakal

Cara Mengetahui Perusahaan Perusahaan Travel Umroh yang Nakal


Harga sangat miring

Ini adalah ciri paling mencolok untuk melihat kredibilitas perusahaan penyelenggara umrah. Biaya umroh saat ini berkisar di Rp 20 juta, paling murah ada di kisaran Rp 17 juta. Jika anda mendapati biaya umroh jauh di bawah angka tersebut, sebaiknya anda waspada.


Tujuan Bank Transfer

Ciri lainnya yaitu calon jemaah diminta mentransfer ke rekening pribadi para agen marketing atau pemasar. Seharusnya, nasabah mengirim dana tanda jadi ke rekening perusahaan, sebagai bukti sah pembayaran. Jika dikirim ke rekening pribadi, besar kemungkinan dananya tidak diteruskan ke perusahaan travel, namun digunakan untuk kepentingan pribadi.


Masa tunggu

Perjalanan umrah pada prinsipnya tidak memiliki masa tunggu seperti halnya perjalanan haji. Jika masyarakat telah membayar lunas biaya umrah, maka bisa langsung diberangkatkan.


Tidak transparan

Salah satu tanda manajemen perusahaan penyelenggara umroh yang baik adalah menerapkan manajemen yang transparan atau terbuka kepada jemaah.

Terutama terbuka dalam hal pengelolaan keuangan dan fasilitas bagi jamaah. Misalnya, dengan biaya yang disetorkan jemaah, perusahaan penyelenggara umrah akan memberikan apa kepada jamaah. Semakin detail dan jelas, semakin meningkatkan kepercayaan jemaah.


Ijin perjalanan umroh

Perusahaan travel umrah harus mempunyai izin perjalanan umrah dari Kementerian Agama. Jika tidak mempunyai izin, maka sudah dipastikan bahwa perusahaan travel tersebut penipu.
  

Usia perusahaan travel

Meskipun tidak mutlak, namun kebanyakan kasus kegagalan berangkat ke tanah suci menimpa jamaah umrah pada perusahaan travel yang baru berdiri satu atau dua tahun terakhir.

Agar tidak dikecewakan, sebaiknya anda melihat pertumbuhan peserta umrah di perusahaan tersebut, atau perkembangan usaha perusahaan secara keseluruhan.