5 Kesalahan Saat Menimbang Berat Badan

5 Kesalahan Saat Menimbang Berat Badan - Timbangan badan merupakan salah satu alat yang paling dicari juga dibenci. Jarum yang menunjukkan bilangan angka bisa dipuji, bisa pula dicaci tergantung selera orang yang menimbang badan. Terlebih bila pelakunya sedang mengikuti program penurunan berat badan. Mengharapkan kesalahan pada timbangan ketika jarum tidak menunjukkan penurunan merupakan hal yang jamak ditemui.

Studi kesehatan yang dipublikasikan pada Journal of Nutrition and Dietetics memberikan kesimpulan bahwa orang yang berhasil menurunkan beratnya akan lebih bisa mempertahankan kondisi itu bila secara teratur menimbang badan.

Berat tubuh terdiri dari lemak, tulang, otot dan air. Timbangan mengukur semua komponen tersebut dan memberi angka tertentu. Angka ini sifatnya fluktuatif dalam satu hari bahkan sampai satu atau dua kilogram tergantung asupan makanan dan minuman. Berat badan setelah makan akan menunjukkan kenaikan sampai 1 kilogram. Bahkan segelas air saja bisa menambah berat 250-500 gram.

Ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika menimbang badan seperti yang disarikan dari Times of India. Berikut ulasannya.

5 Kesalahan Saat Menimbang Berat Badan


Menimbang setiap hari

Sepatutnya menimbang badan dilakukan secara rutin dan konsisten dalam jangka waktu yang tidak berdekatan, bisa seminggu sekali atau dua kali. Hal ini untuk menghindari proses hidup tidak sehat dengan terlalu memforsir program diet ketat. Padahal kesehatan merupakan modal utama dalam beraktifitas.


Dilakukan sesaat setelah berolahraga

Seperti diketahui, ketika berolahraga tentu banyak cairan tubuh yang keluar sehingga mempengaruhi berat badan. Dikhawatirkan penimbangan yang dilakukan akan membuat pelakunya beresiko malas untuk berolahraga dan menjalani hidup sehat kembali.


Menggunakan timbangan berbeda

Karena karakteristik timbangan acapkali berbeda dengan timbangan yang lain tergantung kualitas dan kondisi timbangan. Ada beberapa timbangan yang dijual di pasaran sudah memberikan perkiraan persentase lemak tubuh melalui bio-electrical impedance. Untuk itu disarankan memiliki timbangan pribadi.


Tidak menimbang pada waktu yang sama

Sebagai contoh bila menimbang pada pagi hari hendaknya rutin melakukan timbangan pada hari lain diwaktu pagi pula sebelum beraktifitas. Tidak dianjurkan menimbang pada malam hari setelah makan karena hasil yang muncul akan kurang akurat.


Memakai jaket tebal dan sepatu boots

Ini kesalahan lain yang juga harus dihindari ketika menimbang badan. Berat pakaian dan asesorisnya akan sangat mempengaruhi hasil timbangan. Disarankan menimbang dalam keadaan tanpa busana atau menggunakan pakaian ringan.


Bila rutin melakukan olahraga terlebih membentuk otot tubuh, maka merupakan hal yang lumrah bila terjadi kenaikan pada berat timbangan. Hal ini disebabkan otot yang padat akan memberikan bobot atau beban lebih berat. Alangkah baiknya bila mempergunakan timbangan sesuai tujuan dan dengan cara yang tepat agar memperoleh berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat.