Cara Mengatasi Smartphone yang Nggak Mau Di charge

Cara Mengatasi Smartphone yang Nggak Mau Di charge - Smartphone atau telepon pintar merupakan telepon genggam yang memiliki kemampuan penggunaan dan fungsi seperti komputer. Smartphone adalah salah satu kebutuhan dasar di era digital sekarang ini. 

Tampilan menarik dengan fitur canggih sebanding dengan harganya yang selangit. Dengan aktifitas kekinian yang menuntut masyarakat mengikuti arus teknologi, maka smartphone merupakan barang wajib bagi mereka yang bekerja secara mobile .

Namun, kadang terdapat kendala dalam penggunaan smartphone sebagai penunjang aktifitas yaitu baterai yang cepat habis sehingga mengurangi kecepatan berlangsungnya aktifitas yang membutuhkan kecepatan bergerak dan selalu berpindah. Hal ini diperparah dengan tidak bisa diisi ulangnya daya baterai tersebut.

Ada beberapa cara sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Berikut ulasannya.


Cara Mengatasi Smartphone yang Nggak mau Di charge


Restart

Salah satu cara untuk mengatasi masalah smartphone tidak bisa di charge adalah dengan melakukan restart ulang pada smartphone. Cara ini efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM karena bisa saja baterai tidak bisa diisi daya karena penuhnya RAM.
                      

Kalibrasi baterai

Cara berikutnya adalah dengan mengkalibrasi baterai agar kembali ke siklus awalnya. Caranya, anda habiskan keseluruhan daya pada smartphone namun tidak untuk bermain game secara normal saja seperti menelpon, SMS, baca artikeldan sejenisnya.

Jika sudah mati total, dengan kata lain smartphone sudah tidak bisa menyala dengan menekan tombol power anda bisa lakukan pengisian ulang hingga 100%. Kondisi smartphone tetap dalam keadaan mati.


Cek Adapter

Cek adapter bawaan merupakan solusi berikutnya karena boleh jadi baterai tidak bisa diisi daya/charge karena menggunakan adapter yang bukan bawaan smartphone.


Cek port USB

Mengecek port USB pada smartphone juga dapat mengatasi masalah ini. Jika berdebu maka ditiup dan jika port USB longgar, maka didorong keposisi semula menggunakan lidi atau tusuk gigi.


Sumber daya

Memastikan sumber daya yang digunakan memadai untuk mengisi smartphone adalah solusi lain yang ditawarkan. Bila lebih rendah dari adapter maka adalah wajar bila smartphone tidak bisa diisi daya. Jadi  meminimalisir pengisian daya melalui komputer atau laptop dapat mengurangi peluang smartphone rusak.