Deretan Masalah Pada Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya

Deretan Masalah Pada Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya - Perusahaan elektronik swasta asal Tiongkok, Xiaomi saat ini menjadi salah satu dari 7 perusahaan besar pembuat ponsel dunia bersama Apple, Samsung, Huawei, OPPO, Vivo. Dikutip dari laman Reopan.com, Xiaomi disebut-sebut sebagai Apple dari Tiongkok.

“Xiaomi memang salah satu brand pembuat smartphone dari Tiongkok. Meskipun baru dan belum begitu populer di Indonesia, produk dan dukungan layanannya diakui banyak penggunanya memiliki kesamaan yang mencolok dengan produk premium dari Apple”, tutur Reopan editor.

Bahkan 5 tahun lalu, Xiaomi tidak memiliki smartphone. Namun saat ini, perusahaan memiliki nilai hampir $45 miliar sehingga menurut data International Data Corporation (IDC) Quarterly Mobile Phone Tracker, Xiaomi termasuk sebagai perusahaan smartphone dengan pertumbuhan volume pengapalan tertinggi di dunia.

Dengan slogan “just for fans”, Xiaomi memperkenalkan budaya perusahaan yang tidak kenal takut untuk mencoba konsep baru walaupun hal itu mendobrak tradisi dan batasan. Namun, sebesar apapun perusahaan pasti mempunyai kelemahan atau masalah pada produk yang dihasilkan.

Berikut deretan masalah yang sering muncul pada smartphone Xiomi dan cara mengatasinya.

Deretan Masalah Pada Smartphone Xiaomi dan Cara Mengatasinya


Jaringan 4G Hilang

Masalah yang paling sering ditemui dalam telepon pintar merek Xiaomi adalah hilangnya jaringan 4G disebabkan regulasi baru yang dikeluarkan pemerintah terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ponsel 4G. Produk smartphone Xiaomi yang terkena imbas peraturan ini adalah Redmi 3 dan Redmi Note 3 Pro yang dijual di Indonesia setelah mendapatkan update dari MIUI versi global.

Seperti diketahui, MIUI merupakan perangkat tegar stok dan alternatif yang dikembangkan Xiaomi untuk kebutuhan smartphone (telepon pintar) dan komputer tablet. Untuk mengembalikan 4G pada Xiaomi yang hilang, disarankan untuk mengembalikan ROM smartphone Xiaomi ke ROM China dengan cara flash ulang. Adapun tutorial flash ulang ROM Xiaomi dapat ditemukan pada forum MIUI.


Notifikasi SIM Card is Not Activated

Keluhan kedua yang sering dialami pengguna Xiaomi adalah notifikasi SIM Card is Not Activated  meskipun SIM Card aktif. Hal ini terjadi karena belum melakukan verifikasi nomor yang digunakan di MiTalk (Mi Account).

Sehingga untuk mengaktifkannya, konsumen diharapkan untuk membuka laman http://i.mi.com, masukkan nomor yang didaftarkan di Mi Account dan tunggu hingga SMS verifikasi masuk.


Baterai boros saat menggunakan WiFi

Xiaomi rutin melakukan sinkronisasi email dan back up ke MiCloud sehingga menyebabkan baterai menjadi boros. Sebagai solusi, pengguna disarankan untuk keluar dari Mi Account dengan cara masuk ke Mi account dan pilih menu sign out sehingga tidak ada proses back up lagi.

Untuk sekedar catatan bagi pengguna Xiaomi bahwa Mi Account digunakan hanya untuk men-download theme atau menggunakan layanan khusus Xiaomi lainnya. Jadi akan tetap aman bila tidak menggunakannya.


Masalah pada Google Now

Kendala kelima yang dapat ditemukan pada smartphone Xiaomi adalah Google Now yang tidak berjalan. Google Now merupakan layanan asisten suara di platform Android. Tidak berbeda dengan SIRI, pengguna dapat memberikan perintah suara ke smartphone hanya dengan mengucapkan "OK Google", lalu diikuti perintah yang ingin diberikan.

Pada Xiaomi ternyata perintah "OK Google" tidak bisa digunakan secara default.  Untuk mengaktifkan aplikasi ini adalah dengan masuk ke menu Security - Permissions. Di bagian Permissions cari Google App, dan berikan tanda centang pada bagian Modify system setting.


Kontak WhatsApp tidak bisa muncul

Terkadang kontak WhatsApp tidak muncul pada smartphone Xiaomi. Hal ini dikarenakan tidak memberikan Permissions kepada WhatsApp untuk mengakses informasi kontak pengguna. Untuk mengatasinya, pengguna disarankan untuk masuk menu Security > Permissions, kemudian cari WhatsApp dan terakhir, berikan tanda centang pada bagian Contact.


Notifikasi BBM

Masalah berikutnya adalah notifikasi Blackberry Messenger (BBM) tidak masuk dan tertutup sendiri bahkan terkadang logo BBM tiba-tiba hilang. Padahal aplikasi obrolan ini harus terus berjalan di background  agar semua notifikasi bisa masuk secara real-time.

Untuk mengatasinya, pengguna cukup buka Security - Permissions, kemudian pilih Autostart, dan aktifkan fungsi Autostart BBM. Cara ini juga berguna untuk membuat seluruh aplikasi berjalan sempurna di MIUI.


Overlay icon

Permasalahan terakhir bagi pengguna smartphone Xiaomi adalah overlay icon  yang tidak bisa muncul begitu saja karena memang sistem MIUI membuatnya begitu. Contoh dari overlay di ikon aplikasi adalah Smart Touch dan Head Chat Facebook Messenger. Untuk mengatasinya adalah dengan memberikan akses Display pop-up Windows yang dapat diaktifkan pada tab Permissions melalui menu Security - Permissions.


Meskipun banyak masalah pada smartphone Xiaomi, namun ambisi besar telah memberikan pondasi kokoh pada perusahaan ini seperti pendapat Ben Thomson, seorang penulis dan konsultan teknologi yang berbasis di Taiwan dalam catatan Stratechery: “... anda dapat berpendapat bahwa Xiaomi adalah perusahaan pertama ‘Internet of Things’.

Tidak seperti Google (Nest), Apple (HomeKit), atau bahkan Samsung (SmartThings), dan semua pihak yang menawarkan kecanggihan dimana semua perangkat terikat dan terhubung bersama-sama.. Xiaomi mengintegrasikan semuanya dan menjual semua yang dibutuhkan melalui MI.com kepada basis pelanggan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan rumah mereka untuk pertama kalinya.

Ini benar-benar sebuah strategi vertikal -akhirnya perusahaan ini memang menyerupai Apple- hanya saja produk yang mereka tawarkan memiliki jangkauan yang lebih luas dari apa yang dapat kita bayangkan”.