Nih Dia Tahapan Pemblokiran Kartu Seluler Bila Tidak Daftar Ulang


Nih Dia Tahapan Pemblokiran Kartu Seluler Bila Tidak Daftar Ulang - Terhitung mulai tanggal 31 Oktober 2017, pemerintah mewajibkan bagi pelanggan kartu seluler pra bayar (SIM card)  baik pelanggan baru maupun lama untuk melakukan registrasi ulang dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Bagi pelanggan lama yang tidak melakukan registrasi ulang ini akan mendapatkan pemblokiran secara bertahap terhitung tanggal penutupan registrasi ulang yaitu 28 Februari 2018.

Dikutip dari KompasTekno, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 14 tahun 2017 menjelaskan bahwa pemblokiran tersebut dimulai dari pemblokiran terhadap panggilan keluar (outgoing call) dan pesan singkat keluar (outgoing SMS).

Pemblokiran terhadap panggilan masuk (incoming call) dan pesan singkat masuk (incoming SMS) akan dilakukan bila pelanggan tidak melakukan registrasi ulang dalam tempo 15 hari sejak pemblokiran tahap pertama.

Pelanggan kartu SIM yang terkena pemblokiran masih dapat menggunakan layanan SMS ke 4444 untuk melakukan registrasi ulang.


Nih Dia Tahapan Pemblokiran Kartu Seluler Bila Tidak Daftar Ulang


Cara Registrasi

Registrasi ulang bisa dilakukan secara mandiri, dengan mengetik NIK yang tertera di e-KTP atau KK dan nomor KK kemudian kirim ke 4444. Pelanggan harus menggunakan NIK dan nomor KK asli karena informasi yang dikirimkan akan diverifikasi kebenarannya oleh operator ke database Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Proses registrasi ini tidak dikenakan biaya atau gratis.