5 Jenis Olahraga yang Bakal Jadi Tren di 2018


5 Jenis Olahraga yang Bakal Jadi Tren di 2018 - Olahraga merupakan aktivitas psikis maupun jasmani untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari CNN,  para ahli dari Health & Fitness Journal  telah melakukan survei untuk memprediksi kira-kira olahraga apa yang akan jadi tren di tahun 2018.

Survei tersebut melibatkan lebih dari 4.000 ahli kebugaran di seluruh dunia. Dan, berikut ini ulasannya:

5 Jenis Olahraga yang Bakal Jadi Tren di 2018
                                                       

HIIT (High Intensity-Interval Training)

HIIT adalah metode latihan kardio (kardiovaskular) yang menggunakan kombinasi latihan dengan intensitas tinggi dan sedang/rendah dalam selang waktu alias interval tertentu. Latihan kardio dengan metode ini dapat meningkatkan perkembangan serabut otot cepat (fast twitch fiber), yang banyak dimanfaatkan oleh atlet non-ketahanan (olahraga yang tidak mengandalkan stamina, seperti bowling, golf, dan bela diri) untuk meningkatkan memori otot. Serabut otot cepat juga menambah kecepatan dan kekuatan otot tubuh sehingga akan bertambah gesit dan lincah.

Latihan dengan intensitas tinggi akan memacu kerja jantung dengan lebih keras, sehingga konsumsi oksigen dalam tubuh pun ikut meningkat. Seiring dengan itu, proses metabolisme dalam tubuh juga akan semakin cepat. Konsekuensinya, lemak yang dipakai untuk pembakaran energi menjadi semakin banyak.


Olahraga kelompok

Olahraga ini tentu membutuhkan aktivitas secara beramai-ramai seperti lari maraton, bersepeda, aerobik, dan sebagainya. Studi yang dimuat di The Journal of the American Osteopathic Association dengan partisipan adalah 69 siswa di University of New England College of Osteopathic Medicine, menunjukan bahwa aktivitas olah raga secara kelompok dapat memperbaiki kesehatan mental, fisik, dan emosional. Kesimpulan itu didapat dari penelitian selama 12 minggu dengan sampel kecil dan spesifik.


Olahraga berperangkat

Maksudnya adalah olahraga dengan menggunakan alat sebagai media aktivitas. Contohnya adalah Flyboard yang merupakan olah raga air yang mengkombinasikan antara jet ski dan jet pack, Wingsuit yang merupakan olahraga ekstrem dengan terbang menggunakan perangkat seperti parasut laiknya tupai, dan lain sebagainya. Bagi kalangan anak muda, tentu olahraga ini akan sangat digandrungi di tahun 2018 ini.


Olahraga beban tubuh sendiri

Olahraga TRX (Total Body Resistance Exercise)  merupakan olahraga yang dikhususkan bagi anggota militer, namun saat ini olahraga TRX sudah banyak dilakukan oleh masyarakat luas karena memberikan manfaat dalam pembentukan otot tulang yang kuat. Olahraga TRX memang mengandalkan kekuatan kaki dan tangan, dan pusat tumpuannya dapat dilakukan antara kaki, lengan, ataupun perut.
                                                                                              
Untuk memulai olahraga TRX dibutuhkan Alat Trx atau TRX Force kit, alat tersebut merupakan alat bantu yang digunakan untuk berlatih TRX. Terbuat dari bahan karet yang kuat sehingga dapat menopang berat hingga 50 kg. Alat ini dilengkapi pengait yang dapat ditempelkan di tiang dan hand grip sebagai pegangan selama berlatih.


Latihan beban

Latihan ini merupakan latihan kekuatan untuk membangun kekuatan fisik dan menambah ukuran otot kerangka dengan menggunakan barbel sebagai beban dan alat sejenisnya. Untuk malakukan latihan ini, perlu diperhatikan beberapa hal yaitu; pemanasan, pengaturan nafas, perhatikan posisi lutut, gerakan yang tepat, penyesuaian berat badan dan kondisi tubuh.