Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Smartphone



Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Smartphone - Radiasi RF (Radio Frequency) pada smartphone dapat mengganggu kesehatan, seperti gangguan mental, kanker, hingga masalah reproduksi. Pancaran radiasi yang dikeluarkan oleh smartphone saat dalam keadaan aktif, biasanya muncul karena smartphone tengah mencari sinyal.

Radiasi RF dalam jangka panjang diprediksi dapat menganggu sistem kekebalan jaringan otak sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan otak secara permanen. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengurangi dampak buruk penggunaan smartphone.

Baca : Deretan Smartphone yang Paling Ditunggu di 2018


Cara Mengurangi Dampak Buruk Radiasi Smartphone


Gunakan headset saat menelepon

Penggunaan smartphone saat menelepon secara berkala dapat menyebabkan gangguan pada struktur jaringan otak. Penyebabnya adalah radiasi yang dikeluarkan sinyal Radio Frequensi lebih besar ketika smartphone digunakan untuk menelepon. Untuk menghindarinya, maka disarankan untuk menggunakan headset agar lebih aman dan nyaman.


Berkomunikasi lewat teks

Berkomunikasi lewat teks tentunya akan menjauhkan radiasi dari mata, sehingga cara ini lebih aman. Solusi ini juga memberikan keuntungan dalam segi biaya dibandingkan berinteraksi atau melakukan panggilan secara langsung.


Hindari mengantongi smartphone

Sekalipun smartphone tidak digunakan, namun radiasi RF akan tetap memancar. Sehingga pengguna perlu mewaspadai  hal yang terlihat sepele ini. Bila sedang bepergian, letakkanlah smartphone di tas atau wadah lain.


Dilarang menggunakan smartphone saat sinyal lemah

Radiasi RF akan membesar ketika sinyal dalam keadaan lemah. Mematikan smartphone adalah solusi, atau setidaknya tetap dalam tas penyimpanan, kecuali dalam keadaan daruarat.


Kurangi penggunaan smartphone di kendaraan

Perpindahan lokasi akan membuat smartphone mengeluarkan radiasi RF yang besar. Dikarenakan smartphone akan menangkap sinyal dari tower satu ke lainnya. Sehingga, bila kendaraan melaju kencang, maka aktivitas pencarian sinyal oleh smartphone tentu akan semakin cepat dan menyebabkan pengeluaran radiasi RF pun otomatis semakin besar.


Musik dan video offline

Ada baiknya bila sebelum mendengarkan musik atau menonton video, terlebih dulu mengunduhnya. Anda bisa men-setting smartphone ke mode penerbangan (flight) untuk lebih meminimalisasi radiasi RF yang ditimbulkan smartphone.


Jangan letakkan smartphone dekat kepala saat tidur

Meskipun tidak digunakan, smartphone akan tetap memancarkan radiasi karena terus mencari sinyal. Untuk keamanan, lebih baik mengubah mode smartphone menjadi flight atau menon-aktifkan. Jika ingin tidur dengan smartphone dalam keadaan aktif, hendaknya menjauhkannya dari kepala, seperti menaruh smartphone di meja atau tempat lainnya.


Lepas headset bila tidak digunakan

Meski tidak krusial karena radiasi yang ditimbulkan hanya sedikit saat menggunakan headset, namun ada baiknya untuk tetap melepasnya terlebih bila Anda menggunakan jenis headset bluetooth.