Beberapa Cara untuk Memperkecil Peluang Pencurian Motor Saat Parkir



Beberapa Cara untuk Memperkecil Peluang Pencurian Motor Saat Parkir - Akhir-akhir ini marak terjadi pencurian kendaraan bermotor di berbagai daerah. Umumnya terjadi saat kendaraan dalam kondisi terparkir. Penambahan perangkat keamanan ternyata tidak menjamin berkurangnya peristiwa pencurian ini.

Namun, ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi peluang terjadinya pencurian pada kendaraan anda. Diantaranya adalah sebagai berikut:


Beberapa Cara untuk Memperkecil Peluang Pencurian Motor Saat Parkir


Penguncian Setang di Kanan

Meskipun tidak menjamin keamanan motor, namun setidaknya dapat meminimalisir peluang terjadinya pencurian. Hal ini terjadi karena sulitnya memasukkan kunci T (yang biasa dipakai pencuri) ke lubang kunci. Pada beberapa motor, bila setang dihadapkan ke kanan maka akan sedikit menutup lubang kunci. Sehingga pencuri pun akan menghabiskan waktu lebih lama dalam menjalankan aksinya.


Pencopotan CDI

CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan suatu alat yang fungsinya untuk menjalankan proses pengapian pada motor dengan sistem karburator. Umumnya, pada skuter matik, CDI ini mudah untuk dilepas dan dipasang kembali mengingat letaknya yang mudah dijangkau. Karena CDI bentuknya kecil, maka tak menjadi masalah bila anda menyimpannya di kantung celana maupun tas saat meninggalkan kendaraan di tempat parkir.


Parkir di Posisi Paling Dalam

Cara ini merupakan cara ampuh untuk menangkal pencurian. Karena parkir di tempat paling dalam, menyebabkan terhalangnya kendaraan oleh kendaraan lain.

Tentunya untuk lebih meminimalisir pencurian, diharapkan selain melakukan ketiga cara di atas, ada baiknya untuk memiliki kunci ganda atau pengaman tambahan.