Cara Ampuh Mengatasi Sinyal 4G di Smartphone yang Mendadak Hilang


Cara Ampuh Mengatasi Sinyal 4G di Smartphone yang Mendadak Hilang - Saat ini sinyal 4G merupakan sinyal internet tertinggi di Indonesia. Namun untuk daerah-daerah terpencil, sinyal ini sulit didapat. Hanya di kota-kota besar saja sinyal ini terdeteksi dengan kuat, stabil dan lancar.

Tetapi, tidak jarang meskipun berada di kota besar, sinyal 4G ini lemah dan hilang secara mendadak. Kini tak perlu risau, karena anda dapat mengatasi persoalan ini dengan mengikuti beberapa panduan seperti di bawah ini:

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal 4G di Smartphone yang Mendadak Hilang


Gunakan Airplane Mode (mode pesawat terbang)

Anda dapat me-refresh (mengaktifkan lalu menonaktifkan) mode terbang pada smartphone. Hasilnya, koneksi internet akan lancar kembali.


Restart Smartphone

Jika poin pertama tidak berpengaruh, maka lakukan langkah kedua yaitu dengan me-restart smartphone. Biasanya jaringan internet akan normal kembali.


Pindah ke Ruang Terbuka

Jika anda berada pada suatu ruangan tertutup dan tiba-tiba sinyal menghilang, maka cobalah untuk pindah ke ruangan terbuka. Mungkin saja sinyal jaringan tidak dapat tertangkap secara penuh oleh smartphone karena adanya sekat-sekat.


Mengubah Setelan 3G

Anda dapat me-refresh setelan jaringan internet dengan mengubah sinyal ke 3G terlebih dahulu untuk kemudian beralih ke 4G. Atau, agar anda dapat menggunakan sinyal 4G yang stabil, pilihlah jaringan prioritas yaitu 4G LTE karena di beberapa smartphone ada beberapa jaringan prioritas seperti GSM, WCDMA/3G, dan 4G LTE.


Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal 4G Terbaik

Anda dapat menggunakan metode ini dengan mempertimbangkan kualitas dari aplikasi-aplikasi penguat sinyal 4G berdasarkan informasi dari media daring.


Pilih Mode Setel Jaringan dari Panggilan Telepon

Setel jaringan dengan mode panggilan yang dimaksud adalah dengan melakukan panggilan .#.#4636#.#. (ganti huruf “titik” dengan huruf “bintang”). Anda akan diberikan pilihan untuk setting jaringan, pilih saja kartu SIM yang anda sambungkan ke internet.

Dari tampilan di smartphone, terlihat tulisan yang bertuliskan “TD-SCDMA, GSM/WCDMA, 4G LTE” klik aja kolom itu dan cari “4G LTE ONLY”. Nantinya sinyal jaringan smartphone anda akan otomatis melakukan pencarian jaringan yang anda minta, dan nanti bisa dilihat hasilnya.


Jika anda sudah melakukan berbagai tindakan di atas tetapi koneksi sinyal jaringan 4G tetap buruk, coba selidiki penyebabnya seperti halnya dari segi wilayah, SIM, dan perangkat smartphone.