Cara Membedakan Smartphone yang Palsu dan Asli



Cara Membedakan Smartphone yang Palsu dan Asli - Ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan wajib di era teknologi yang telah berkembang pesat ini. Fitur-fitur yang memudahkan penggunanya dalam beraktivitas tentu menjadi nilai tinggi.

Namun, belakangan ini ponsel pintar atau smartphone banyak dipalsukan dengan tampilan yang nyaris sama dengan aslinya.

Untuk mencegah anda membeli smartphone palsu, ada berbagai cara yang harus anda perhatikan untuk membedakannya:

Cara Membedakan Smartphone yang Palsu dan Asli

Cara Membedakan Smartphone yang Palsu dan Asli


Perhatikan Badan (Body) Smartphone

Perhatikan spesifikasi dari body smartphone. Jika tertulis metal namun ketika dipegang terasa seperti plastik, maka bisa saja palsu. Perhatikan juga kualitas layar dan kamera, apakah sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada smartphone. Cek warna dan ketajaman pada layar dan hasil foto yang dihasilkan, apakah sesuai dengan spesifikasi tersebut.


Cek IMEI dari Smartphone

Tiap smartphone dilengkapi IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) yang dapat menjadi indikasi smartphone asli atau palsu. Cek dengan melakukan panggilan #06# atau *#06# pada smartphone hingga nanti muncul pop up yang menunjukkan nomor IMEI.


Anda dapat mengakses laman www.imei.info untuk mengecek keaslian nomor IMEI. Jika asli, maka akan muncul spesifikasi lengkap dari smartphone anda.


Gunakan Antutu Officer

Antutu Officer merupakan aplikasi tambahan yang juga berfungsi untuk mengecek keaslian smartphone. Anda harus menggunakan perangkat lain (PC) untuk masuk ke laman our.antutu.net pada browser. Barcode yang muncul, harus di-scan oleh smartphone anda pada aplikasi Antutu Officer hanya dengan meng-klik tombol start. Jika smartphone anda asli, maka akan tampil nama perangkat (device) anda berikut statusnya.