Inilah Faktor Tak Terduga Pemicu Sakit Jantung


Inilah Faktor Tak Terduga Pemicu Sakit Jantung - Penemuan mengejutkan dari data riset kesehatan dasar tahun 2013 di mana penyebab penyakit jantung koroner adalah penyakit kardiovaskuler atau umum disebut sakit jantung.

Beberapa penyebab menjadi biang dari datangnya penyakit jantung, dan umumnya penyebab ini datang tanpa kita sadari.

Berikut beberapa faktor yang tidak diduga sama sekalai yang ternyata bisa menjadi pemicu sakit jantung.

Inilah Faktor Tak Terduga Pemicu Sakit Jantung


Kurang Tidur

Berdasarkan sebuah penelitian, bagi seseorang yang memiliki gaya hidup sehat (menjaga pola makan dan rutin berolahraga), 67 % lebih rendah untuk terhindar dari penyakit jantung. Mereka yang tidur cukup sekitar 7-8 jam dalam semalam, 83 % lebih rendah untuk terhindar dari penyakit jantung.

Penelitian dilakukan melalui pengamatan terhadap 1.500 orang selama 14 tahun. Tidur merupakan istirahat terbaik, dan para ahli pun sepakat untuk menjadikan tidur sebagai prioritas demi kesehatan. Untuk memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang baik, disarankan untuk menggunakan ruangan yang sejuk, gelap dan tanpa gangguan, serta menetapkan jam tidur sebelum larut malam.


Kurang Berbahagia

Dalam sebuah penelitian berbeda, orang yang sering bahagia dan optimistis hanya memiliki sepertiga risiko penyakit jantung daripada lainnya. Bahkan, seseorang yang memiliki risiko penyakit jantung tertinggi pun berhasil mengurangi separuh dari risiko penyakit jantung saat merasakan kebahagiaan dan optimisme.

Bagi mereka yang optimistis dan bahagia selalu mengharapkan masa depan yang lebih baik dan memiliki kecenderungan untuk mempersiapkan diri dengan gaya hidup sehat.


Terkena Polusi Udara Secara Berlebihan

Untuk menghindari risiko penyakit jantung, menjauhlah dari asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan situasi di mana kualitas udara buruk, seperti memanggang di dalam rumah. Bahan kimia yang tercemar di udara dapat menyebabkan peradangan di tubuh, meningkatkan oksidasi, dan mengotori jantung.


Terkena Racun Logam Berat Berlebihan

Untuk menghindari racun logam berat ini, perlu kiranya untuk mengkonsumsi sayuran organik, seperti sayuran berwarna hijau gelap yang berkhasiat untuk membantu jantung membuang racun logam. Anda dapat juga menggunakan produk pembersih yang ramah lingkungan serta menyaring air keran.

Contoh racun logam berat dalam darah adalah timbal, merkuri, dan kadmium. Logam-logam tersebut dapat meracuni enzim yang membantu proses penyembuhan dalam tubuh.


Stres

Stres akan menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Terganggunya aliran darah ini dapat mengganggu fungsi kerja jantung. Untuk menanggulangi stres ini, anda perlu istirahat yang cukup dan menghindari hal-hal yang memberikan tekanan psikis. Anda juga perlu melakukan olahraga secara teratur dan mencari teman yang dapat memberikan saran dan kenyamanan.