Mengenali HP Android Bekas dengan Kualitas Terbaik


Mengenali HP Android Bekas dengan Kualitas Terbaik- Bagi anda yang menginginkan Android bagus dengan budget minim, ada baiknya membeli yang bekas dengan kualitas tinggi. Bagi sebagian orang, hp bekas tidak menjadi masalah asalkan efisien dan efektif.

Untuk itu diperlukan ketelitian sebelum membeli agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini cara mengetahui apakah Android bekas itu berkualitas baik atau tidak:

Mengenali HP Android Bekas Dengan Kualitas Terbaik


Cek Kondisi Fisik

Langkah pertama adalah dengan mnilai kondisi fisik hp apakah sesuai dengan keinginan atau ada cacat di beberapa bagian. Karena boleh jadi, jika kondisi fisik sudah tidak bagus maka kondisi di dalam hp juga sudah tidak bagus atau layak pakai.


Cek Segel

Hal ini merupakan sesuatu yang penting. Karena untuk memastikan bahwa hp yang akan anda beli belum pernah dibongkar. Anda hanya membuka casing lalu buka baterainya. Jika masih ada sticker garansi, maka anda boleh membelinya. Namun jika sticker tersebut tidak ada, maka anda boleh berasumsi bahwa hp tersebut sudah pernah dibongkar dan bisa jadi onderdil atau perangkat di dalamnya telah diganti. Maka, anda disarankan untuk tidak membelinya karena sudah pasti tidak tahan lama.


Cek Kelengkapan

Kelengkapan merupakan nilai tambah jika anda ingin membeli hp bekas. Jika masih terdapat charger, headset, buku petunjuk, kabel data, dan kardus dalam kondisi baik, maka anda dapat membelinya. Cek juga keaslian dari perlengkapan tersebut.


Cek Spesifikasi

Karena tiap hp memiliki spesifikasi berbeda, maka anda harus meneliti spesifikasi hp yang diinginkan. Pengecekan terutama meliputi RAM, CPU, kamera, dan LCD. Mempertimbangkan saran teman yang mengetahui teknologi merupakan hal yang direkomendasikan.


Cek Nomor IMEI

Setiap handphone pasti memiliki nomor IMEI. Untuk mengecek asli atau tidak, anda cukup melakukan panggilan ke nomor #06#. Cek nomor yang tertera pada layar dengan yang terdapat pada kardus. Jika berbeda, maka batalkan saja niat untuk membelinya.


Cek Kondisi Layar

Langkah ini cukup penting. Kondisi layar touchscreen atau LED yang kurang berfungsi baik dapat mengganggu kinerja handphone. Keterlambatan kinerja/respon pada tombol-tombol sudah dapat memastikan bahwa handphone tersebut sulit untuk digunakan.


Cek Baterai

Baterai juga merupakan elemen utama yang harus diperhatikan. Bentuk yang sudah tidak ramping bisa diasumsikan bahwa baterai tersebut boros.


Tes Fungsi Handphone

Pengecekan terhadap fitur-fitur hp sebagai penunjang aktivitas keseharian harus dilakukan. Perhatikan dengan saksama, apakah kamera, volume, pengiriman pesan, dan sebagainya telah berjalan dengan baik. Jangan sampai anda kecewa bila sudah membeli akibat tidak teliti dalam pengecekan tersebut.


Bandingkan Harga di Pasaran

Anda perlu melakukan survey kecil-kecilan untuk mendapatkan informasi harga hp bekas di pasaran. Pada beberapa merek kadang terjadi penurunan atau bahkan peningkatan harga secara drastis. Anda bisa searching di google atau aplikasi layanan jual beli hp.