Nih Dia Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi


Nih Dia Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi - Tanpa disadari, ternyata beberapa makanan yang kita konsumsi mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Konsumsi gula per hari yang seharusnya sebanyak 25 gram, ternyata melebihi takaran tersebut dikarenakan ketidaktahuan kita atas kandungan gula dalam beberapa makanan yang kita konsumsi sehari-harinya.

Tentu ini merupakan hal negatif mengingat kesehatan tubuh merupakan hal yang utama. Berikut ini beberapa makanan sehari-hari yang mengandung kadar gula cukup tinggi.

Nih Dia Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi


Minuman Bersoda

Minuman ini berada dalam daftar teratas sebagai asupan yang harus diwaspadai karena hanya mengandung gula. Untuk minuman bersoda ukuran 240 ml memiliki kadar gula sebesar 28 gram. Tentu ini melebihi batasan konsumsi gula per harinya.


Jus Buah Kemasan

Meski diklaim sebagai minuman menyegarkan dan menyehatkan, namun faktanya minuman ini memiliki kandungan gula cukup tinggi. Jumlah gizinya pun tidak setara dengan kandungan gulanya. Untuk itu disarankan untuk meneliti kandungan gizi pada label yang tertera pada kemasan.


Susu Kemasan dan Sejenisnya

Susu merupakan minuman kesehatan, namun akan berlawanan jika berbentuk kemasan. Susu kental manis dan sereal kemasan mempunyai kadar gula yang hampir sama dengan takaran konsumsi gula per harinya. Sehingga diperlukan kebijaksanaan bagi yang ingin mengkonsumsinya. Jika ingin mengkonsumsi susu kemasan, berarti harus memikirkan juga asupan makanan lain. Sehingga tidak melewati kuota kadar gula yang disarankan per harinya, yaitu sebesar 25 gram.


Biskuit dan Sejenisnya

Merupakan suatu hal yang disarankan untuk melihat label pada kemasan. Biskuit, cokelat, snack buatan pabrik jumlah kadar gulanya setara dengan kuota kadar gula per hari. Sehingga perlu untuk membatasi jumlah gula dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan lemak trans yang digunakan untuk memperbaiki tekstur dan rasa. Sehingga berbahaya untuk kesehatan.


Minuman Teh dan Kopi Kemasan

Minuman ini memang menyegarkan dan membuat ketagihan. Namun kadar gula yang terkandung adalah 20 gram. Cukup untuk memenuhi asupan gula yang disarankan. Jadi, diperlukan langkah bijak dalam mengkonsumsinya.


Minuman Kaki Lima

Contoh dari jenis ini adalah es dawet, campur, cendol, dan ragam lainnya. Tak jarang, penjual memberi dua sendok gula untuk minuman ini. Sehingga jumlah kandungan gulanya pun bisa belasan hingga puluhan gram per gelasnya.


Es Krim

Tanpa disadari, kandungan gula dalam es krim bisa mencapai belasan gram per cangkirnya. Dan parahnya, masyarakat terbiasa mengkonsumsi es krim rata-rata hingga dua cangkir atau lebih. Sehingga hal ini jelas melebihi dosis kandungan gula yang disarankan untuk tubuh per harinya.

Perlunya kebijaksanaan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman merupakan hal yang diwajibkan dalam kaitannya dengan asupan gizi bagi tubuh. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran berserat merupakan langkah persuasif demi menjaga kesehatan tubuh.