Tips Biar Mudah Bangun Pagi


Tips Biar Mudah Bangun Pagi - Rasa lelah, kantuk, dan malas terkadang menyelimuti akhir pekan atau masa liburan bagi sebagian manusia yang aktif beraktifitas. Rutinitas pekerjaan mendapat semacam balasannya di akhir pekan. Istirahat atau tidur hingga siang sudah menjadi tradisi bagi mereka.

Namun kebiasaan ini tentu mengganggu kesehatan bila dilakukan secara kontinu. Dr. Nerina Ramlakhan, seorang ahli fisiologi dan ahli terapi tidur memberi tips-tips yang dapat membantu agar seseorang mampu bangun di pagi hari, diantaranya:

Tips Biar Mudah Bangun Pagi


Mengatur Rencana Esok di Waktu Malam Hari

Dr. Nerina mengatakan, solusi terbaik adalah mempersiapkan segala keperluan esok di malam hari. Mulai dari pakaian yang akan dikenakan, asesoris, dan laptop harus sudah disiapkan pada tempatnya.


Yakin Dengan Kemampuan Diri

Perlunya keyakinan diri bahwa ia bisa bangun pagi dan mendobrak dogma kebiasaan bangun siang. Sugesti positif dari dalam diri merupakan kekuatan besar untuk merubah suatu kebiasaan. Dan tak lupa, tentunya besaran niat dalam diri merupakan suntikan motivasi terbesar untuk merubah kebiasaan itu.


Mengatur Cahaya Masuk ke Kamar

Ritme sirkadian merupakan proses biologis yang menunjukkan osilasi endogen dan berulang setiap sekitar 24 jam. Jumlah sinar matahari yang cukup, dapat mengatur ulang ritme ini dan memberikan pesan “ayo bangun” ke otak. Berjemur di pagi hari juga dapat menurunkan risiko terkena kanker.


Menjauhkan Perangkat Elektronik dari Kasur

Dr. Nerina juga menyerankan untuk mematikan perangkat elektronik 30-45 menit sebelum tidur. Fungsinya adalah untuk mengurangi rasa gelisah dan menghentikan otak dari rangsangan cahaya biru.


Menjalani Pola Makan Sehat

Hindari konsumsi kafein dan alkohol. Zat ini akan mengurangi kualitas tidur. Efek dari mengkonsumsi kafein adalah sekitar lima jam sehingga disarankan untuk tidak meminumnya setelah pukul 16.00. dianjurkan juga untuk meminum air putih setelah bangun tidur karena akan menghidrasi sel dan otak sehingga memberikan energi untuk beraktifitas.


Optimis

Yang tidak kalah penting adalah selalu optimis untuk dapat melakukan perubahan kebiasaan buruk dan memulai hari baru dengan semangat dan ceria. Yakinkan pada diri bahwa ada sesuatu yang ditunggu di keesokan hari. Bertanya pada diri mengenai hal yang paling ingin dilakukan dan manfaatnya, merupakan sesuatu yang positif.



Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Lifestyle / Tips
Judul : Tips Biar Mudah Bangun Pagi
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2018/05/tips-biar-mudah-bangun-pagi.html.