Backpacker Hemat, ke Jepang atau Korea Selatan?


Backpacker Hemat, ke Jepang atau Korea Selatan? - Tak dipungkiri, negara-negara Asia mempunyai corak beragam yang menjadikannya sebagai destinasi wisata terbaik terutama kuliner dan kebudayaannya.

Bagi backpacker yang memiliki keterbatasan biaya, pilihan destinasi terbaik adalah Jepang dan Korea Selatan. Namun sebelum anda menentukan pilihan, ada baiknya mencari perbandingan di antara keduanya yang paling murah untuk beberapa hal.

Berikut perbandingannya:

Backpacker Hemat, ke Jepang atau Korea Selatan


Berbelanja

Sebetulnya produk-produk dari kedua negara ini sama-sama sedang menjadi tren dunia. Untuk Korea Selatan, produk rias Etude House, Laniage dan Innisfree menjadi pilihan karena harganya lebih murah dari produk Jepang. Di kota Ewha dan Myeongdong, harga yang ditawarkan untuk pakaian, sepatu, dan segala assesoris lumayan miring.

Di Jepang, baju-baju cosplay masih menjadi incaran jika memang anda memiliki hobi ini. Pakaian second-hand yang masih bagus hanya berharga sekitar 100-300 Yen.


Kuliner

Untuk jajanan jalanan, Jepang merupakan pilihan karena banyaknya kuliner Jepang di Indonesia. Sehingga lidah backpacker Indonesia tentu sangat familiar. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Sedangkan di Korea Selatan, anda akan dengan mudah menemukannya di food truck jalanan yang menawarkan dengan harga murah. Anda juga dapat memilih kedai lokal bila menginginkan makanan khas yang istimewa. Di Korea Selatan juga, anda akan mendapati banyaknya jajanan halal karena pemerintah gencar mempromosikan wisata halal.


Destinasi Wisata

Kedua negara memiliki panorama yang sama-sama menarik. Anda dapat memilih destinasi wisata di situs-situs bersejarah, tempat berbelanja, atau tempat kuliner. Situs alam dan istana-istana yang megah juga dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin memanjakan mata.


Akomodasi

Untuk hal ini, Korea Selatan lebih menjadi pilihan. Hanya dengan Rp.450.000/malam, anda bisa mendapatkan hotel yang nyaman. Hotel-hotel ini tersebar di kota Myeongdong, Dongdaemun, dan Hongdae.

Sedangkan di Jepang, dengan biaya Rp.650.000/malam, anda akan mendapatkan hotel kapsul. Jadi bagi anda yang memiliki postur tinggi dan ketakutan akan ruang sempit, maka perlu biaya lebih untuk mencari alternatif penginapan.


Transportasi


Transportasi massal di kedua negara sangat nyaman dan disiplin waktu. Namun soal harga, Korea Selatan adalah pilihannya. Hanya dengan kurang dari Rp.20.000, tiket bus atau kereta bisa anda dapatkan. Sedangkan di Jepang, harga kartu untuk perjalanan menggunakan kereta sekitar Rp.400.000 seminggu.


Tiket Pesawat

Untuk tiket pesawat sekali jalan ke Korea Selatan berkisar Rp.6.000.000, sedangkan ke Jepang sekitar Rp.10.000.000.