Daftar Makanan yang Terlarang Untuk Disimpan di Kulkas


Daftar Makanan yang Terlarang Untuk Disimpan di Kulkas - Ingin bahan makanan tahan lama? Menyimpan di kulkas atau lemari pendingin adalah solusinya. Teknologi dalam kulkas memperlambat laju bakteri untuk membusukkan makanan.

Namun ada juga lho, makanan yang pantang untuk disimpan di kulkas karena mempengaruhi rasa dan teksturnya.

Berikut ini ulasan mengenai bahan makanan yang pantang untuk disimpan di kulkas:

Daftar Makanan yang Terlarang Untuk Disimpan di Kulkas


Mentega

Anda cukup menyimpan mentega di suhu ruangan yang mencapai 21 derajat celcius. Meskipun anda bisa saja menyimpannya di kulkas karena menghindari kontaminasi pada susu yang terkandung di mentega, namun menyediakan ruang di kulkas untuk bahan makanan lain yang lebih membutuhkan tentu merupakan langkah yang bijak.


Melon

Menyimpan melon di kulkas akan mempengaruhi waktu kematangan karena kulitnya yang tebal dan kasar. Namun bila telah dipotong, tak mengapa bila disimpan di kulkas.


Tomat

Sebaiknya tomat segera dikonsumsi agar tidak mempengaruhi kandungannya. Namun menyimpannya pada suhu ruangan akan lebih baik kecuali jika anda ingin menyajikan dalam keadaan dingin.


Kentang

Untuk menyimpan kentang, lebih baik diletakkan pada kondisi sejuk dan pencahayaan kurang. Bila disimpan dalam temperatur rendah, sari pati kentang akan berubah menjadi glukosa sehingga tekstur berubah menjadi kasar dan cair.


Bawang Merah

Selain menyebabkan bau tak sedap, penyimpanan di kulkas akan membuat bawang menjadi lembek sehingga dapat menyebabkan kulkas cepat kotor dan berair.


Roti

Sebetulnya, menyimpan roti diperbolehkan di dalam kulkas. Hanya saja waktu penyimpanan lebih baik hanya sebentar karena roti akan mengeras dan rasanya pun akan sedikit berubah. Usahakan bila menyimpan di kulkas menggunakan wadah tertutup.


Madu

Menyimpan madu di kulkas akan merubah rasanya dan sulit mengkonsumsinya karena madu akan membeku.


Kopi

Anda dapat menyimpan kopi di dalam kulkas karena struktur kopi dapat menghilangkan bau di dalam kulkas. Namun, jika kopi ingin dikonsumsi, lebih baik disimpan pada suhu ruangan agar rasanya tidak hilang akibat penyerapan bau tadi.


Basil

Sama seperti kopi, basil dapat menyerap bau makanan di dalam kulkas. Sehingga disarankan untuk memasukkannya ke dalam wadah berisi air untuk dapat berkembang layaknya tanaman.