Deretan Makanan Terbaik Untuk Mencegah Kerontokan Rambut


Deretan Makanan Terbaik Untuk Mencegah Kerontokan Rambut - Rambut merupakan mahkota. Idiom popular yang memang merupakan sebuah fakta. Rambut sehat merupakan idaman pria dan wanita sehingga mempengaruhi penampilan.

Namun, tak jarang rambut juga mengalami kerontokan sehingga bagi pria, akan mengalami kebotakan sebagian atau bahkan total.

Penggunaan obat-obat baik kimia maupun herbal tentu memiliki efek samping yang terkadang tidak ringan. Sehingga, cara lain pun ditempuh dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk menahan laju kerontokan rambut. Berikut ini ulasan beberapa makanan sehat yang dapat mencegah atau mengurangi kerontokan rambut:


Deretan Makanan Terbaik Untuk Mencegah Kerontokan Rambut


Telur

Makanan ini mengandung protein yang berfungsi untuk menguatkan struktur kulit yang akan menjadi tempat rambut akan tumbuh di seluruh anggota tubuh (folikel rambut). Selain itu, telur juga mengandung biotin yang merupakan sejenis vitamin larut air -dikenal dengan vitamin B7 atau H- dan sangat penting untuk produksi protein rambut (keratin) yang berfungsi mendorong pertumbuhan rambut.


Salmon

Salmon mengandung protein, vitamin, serta kandungan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menjaga kulit kepala agar tetap sehat.


Wortel

Jus wortel mengandung vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan folikel rambut dan kulit kepala, menebalkan rambut, serta membuatnya tumbuh lebih cepat dan berkilau.


Bayam

Sayur ini memiliki kadar zat besi yang tinggi sehingga sangat tepat bila dikonsumsi untuk mencegah kerontokan rambut. Bayam merah mempunyai zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayam hijau. Sayuran ini mengandung klorofil, betakaroten, lutein, mangan dan asam folat yang cukup tinggi. Pastikan untuk mengkonsumsi jus bayam merah ini dua sampai tiga kali seminggu.


Kacang dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin B, zinc dan protein. Vitamin B memiliki fungsi utama sebagai pengantar nutrisi  dan oksigen ke kulit kepala melalui sel darah merah sehingga folikel rambut ternutrisi dan rambut tetap sehat. Biji-bijian mengandung selenium, mineral penting yang dibutuhkan agar kulit kepala dan rambut Anda tetap sehat. Kacang-kacangan juga mengandung asam alpha-linolenic dan seng yang bermanfaat untuk mencegah rambut rontok.