Beberapa Rahasia pada Kartu ATM yang Perlu Anda Ketahui


Beberapa Rahasia pada Kartu ATM yang Perlu Anda Ketahui - Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan barang pokok yang mesti dimiliki oleh para kaum millenial. Kebutuhan akan kartu ini sangat besar mengingat segala transaksi dilakukan berbasis teknologi. Uang tunai hanya dijadikan sebagai pelengkap saja.

Namun, tahukah anda bahwa di dalam fisik kartu ATM itu menyimpan beberapa rahasia yang seharusnya patut untuk anda ketahui? Berikut ini kami bongkar rahasia tersebut melalui uraian-uraian di bawah ini:

Beberapa Rahasia pada Kartu ATM yang Perlu Anda Ketahui


Arti nomor di depan kartu

Digit pertama adalah pengidentifikasi nomor sistem provider. Lima nomor (digit) berikutnya adalah nomor bank yang mengeluarkan kartu. Nomor sisanya digunakan bank untuk mengecek identitas pemilik kartu.


Tampilan kartu saat di bawah sinar ultra violet

Tampilan tersebut adalah sebagai bentuk perlindungan kartu, sama seperti perlindungan kepada uang kertas. Misalnya dengan tampilan air yang hanya bisa dilihat menggunakan sinar ultra violet. Tanda V untuk pengguna kartu ATM berlogo Visa, atau M atau C untuk kartu Mastercard.


Arti nomor di belakang kartu

Bagi pengguna kartu Visa ada kode CVV dan CVC pada kartu Mastercard. Keduanya merupakan kode verifikasi kartu ATM anda. Kode CVV memberikan keuntungan penggunanya dengan cara dapat bertransaksi via online tanpa menggunakan kartu. Baik PIN dan kode ini tidak boleh diberitahukan kepada siapapun.

Setelah anda mengetahui rahasia di balik kartu ATM, maka sewajarnya anda melakukan transaksi dengan memperhatikan faktor keamanan. Berikut ini kami sampaikan beberapa cara aman dalam menggunakan kartu ATM:

1. Untuk transaksi lewat internet, pastikan memilih situs web yang aman. Pilih website atau laman yang menggunakan protokol: https (bukan http) guna bertransaksi karena dapat melindungi data diri.

2. Rahasiakan informasi yang tertera pada kartu ATM seperti PIN dan kode CVV. Karena bagi peretas, hanya menggunakan salah satu data tersebut, mereka bisa menguras uang di dalam kartu.

3. Ikuti panduan keamanan bila menarik tunai di mesin ATM. Periksa dulu, apakah terdapat kamera tambahan, sesuatu (barang) pada keyboard, dan barang asing pada lubang tempat memasukkan kartu ATM serta lubang pengeluaran uang.

4. Jika kartu hilang, dicuri, atau tertelan mesin segera hubungi bank melalui nomor telepon atau call center yang tertera pada mesin ATM. Disarankan untuk mengambil uang di lokasi mesin ATM yang dijaga penjaga keamanan (satpam) atau mengambil di saat hari kerja agar ada pengamanan dari satpam.

5. Hubungi pihak customer service bila ada keluhan. Sebagai misal nomor kartu anda tidak terdeteksi mesin ATM dan lain sebagainya.