Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga


Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga - Untuk mendapatkan berat badan ideal harus melakukan kebiasaan positif dan kontinu. Mengkonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup dapat menurunkan berat badan secara drastis. Namun, kendala yang dihadapi adalah menjaga berat ideal agar bertahan lama.

Rasa bosan melakukan diet dan aktivitas-aktivitas tersebut dalam menambah berat badan secara cepat. Berdasarkan riset setidaknya dalam jangka waktu 3 bulan, seseorang yang melepaskan proses diet akan cepat bertambah timbangan badannya. Pola makan yang menjadi tidak teratur menjadi salah satu alasan kenaikan ini.

Untuk menghindari perilaku diet ketat, kami akan mengurai beberapa pola yang dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Berikut ulasannya:


Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga


Pola makan yang teratur

Tentukan waktu makan. Rutinitas dengan ritme pola makan teratur dapat membuat anda berhasil mendapatkan berat tubuh yang diinginkan.


Mengkonsumsi lemak sehat

Mengkonsumsi lemak sehat dapat mengurangi resiko sakit jantung. Lemak ini terdapat pada kacang-kacangan, alpukat, atau minyak ikan.


Jalan kaki

Kegiatan ini dapat menyebabkan anda berkeringat tanpa disadari. Idealnya adalah 10.000 langkah per hari. Namun, hendaknya disesuaikan dengan ketahanan tubuh tanpa harus memaksa untuk melakukan jumlah langkah per hari yang akan berdampak pada kinerja jantung anda.


Mengemil jajanan sehat

Cemilan sehat yang dimaksud bisa berupa berupa berprotein tinggi seperti aprikot kering, jambu, alpukat, atau kurma. Hindari kentang goreng, biskuit, atau gorengan yang mengandung minyak tak sehat.


Memperhatikan label kandungan zat pada makanan

Sebaiknya hindari jenis makanan yang mengandung garam, lemak, dan glukosa (gula) dengan kadar tinggi.


Mengatur porsi makan

Biasakan menggunakan piring kecil untuk makan dengan harapan akan terbiasa dengan cara ini. Sebelum makan, ada baiknya minum segelas air putih untuk menekan rasa lapar.


Aktif bergerak

Lakukan aktivitas fisik yang dapat mengeluarkan keringat dan menghilangkan rasa lapar. Sikap berdiam diri pada satu tempat atau pasif beraktivitas akan cenderung membuat anda cepat terserang rasa lapar. Dan tentunya ini berpengaruh besar pada tujuan mendapatkan berat badan ideal.


Waspada dalam memilih minuman

Condong ke air putih dan jus sayuran akan cepat menurunkan berat badan. Konsumsi jus buah secara berlebihan juga tidak baik untuk program penurunan berat badan. Batas maksimal yang disarankan adalah satu gelas per hari. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan.


Fokus ketika makan

Fokus saat makan dapat mencegah konsumsi kalori berlebih. Distraksi (pengalihan) fokus saat makan akan meningkatkan konsumsi kalori 25% lebih tinggi dibanding saat fokus. Disarankan untuk mengunyah makanan secara perlahan karena selain dapat meningkatkan rasa kenyang, makanan pun dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim di mulut sehingga kalori yang masuk menjadi lebih sedikit.


Mengkonsumsi sayur dan buah-buahan

Sayur, buah yang mengandung serat akan membuat anda cepat merasa kenyang dan tahan akan rasa lapar untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, sayuran dan buah mengandung nutrisi yang tinggi serta menyimpan sedikit energi (low energy density) sehingga cenderung memiliki kalori yang rendah.