Inilah Deretan Fitur Baru pada Android P


Inilah Deretan Fitur Baru pada Android P - Sistem operasi Android versi ke-9 atau Android P mulai tersedia lewat update over the air untuk perangkat-perangakat seri Pixel keluaran Google.

Android Pie nama lengkapnya, membawa sejumlah pembaruan pada beberapa aspek yang diterapkan pada fitur-fiturnya. Berikut ulasannya:

Inilah Deretan Fitur Baru pada Android P


Smart reply dari notifikasi

Tampilan visual dari Android Pie adalah putih dan bulat serta berwarna-warni. Untuk notifikasinya sendiri dapat menampilkan konten gambar dari aplikasi pesan instan termasuk opsi balas langsung percakapan.


Dark theme

Pada beberapa keadaan, tampilan hitam dapat memberi kenyaman bagi pengguna. Untuk mendapat tampilan ini, anda tinggal mengatur device theme pada opsi display di menu setting.


Poni atau notch

Pada bagian poni ini terdapat kamera depan dan earpiece. Android Pie memberikan fasilitas simulasi notch yang berfungsi untuk dapat melihat seperti apa tampilan aplikasi pada smartphone ini. Anda cukup mengaktifkan developer mode serta mengaktifkan simulate a display with a cutout di bagian drawing.


Editing screenshot

Fitur baru pada editing screenshot adalah ketika tangkapan layar atau screenshot telah dilakukan, maka Android Pie akan menampilkan tombol edit di preview screenshot. Opsi penyuntingan berupa crop, highlight, dan menggambar.


Digital wellbeing

Fitur ini hanya bisa didapatkan melalui keikutsertaan dalam program beta di mana pengguna wajib memiliki perangkat seri pixel. Fungsi fitur ini adalah mengurangi pemakaian ponsel oleh pengguna melalui dashboard khusus yang menampilkan fitur-fitur pendukung.

Ada fitur app timer untuk membatasi waktu berjalannya aplikasi, do not disturb untuk mengatur ponsel dan tablet agar tak mengganggu pengguna dengan panggilan, pesan atau notifikasi pada saat-saat tertentu, serta wind down yang secara otomatis mengaktifkan night light dan mengubah warna layar menjadi grayscale untuk mengingatkan pengguna untuk segera tidur.


Lockdown

Fitur ini berfungsi untuk mengunci perangkat, kemudian menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, serta tak menampilkan notifikasi di lock screen. Android pun akan meminta kunci default seperti PIN atau pattern.

Untuk mengaktifkannya, anda harus membuka opsi Security and Location pada menu setting. Klik Lock Screen Preference, dan aktifkan Show Lockdown. Pilihan guna melakukan Lockdown akan diberikan ketika anda menekan tombol daya.


Navigasi gestur

Fitur navigasi ini dilakukan dengan gestur sweep (mengusap). Mengusap ke kanan layar berarti menjalankan fungsi back. Ke kiri layar berarti mengganti aplikasi yang terbuka. Usapan ke atas untuk melihat aplikasi yang baru saja dibuka atau recent app/app drawer. Tombol elips kecil berfungsi untuk kembali ke layar home.


Kunci rotasi

Pada versi terbaru, Android Pie memberikan opsi untuk mengunci rotasi yang kadang terjadi untuk menyesuaikan keadaan (orientasi) tertentu. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda cukup klik tombol/simbol khusus di pojok kiri atas layar.


Adaptive battery

Fitur ini berfungsi untuk melacak pola penggunaan aplikasi termasuk kapan saja pemakaiannya. Bila sering dipakai, maka aplikasi tersebut mendapat prioritas utama oleh resource dan baterai untuk berjalan di background sehingga dapat meningkatkan efisiensi daya dan menghemat baterai.

Demi mempermudah pemantauan, indikator daya baterai akan ditampilkan di bagian bawah ambient display (always on display) seperti yang telah dilakukan oleh sebagian pabrik android pada perangkatnya.



Anda baru saja membaca postingan yang berkategori Teknologi
Judul : Inilah Deretan Fitur Baru pada Android P
Bookmark : http://www.berita-ane.com/2018/09/inilah-deretan-fitur-baru-pada-android-p.html.