Beberapa Kebiasaan ini Ternyata dapat Menurunkan Berat Badan


Beberapa Kebiasaan ini Ternyata dapat Menurunkan Berat Badan - Olahraga merupakan suatu kebutuhan bagi tubuh untuk memberikan kesehatan bagi tiap-tiap bagian tubuh. Olahraga juga menjadi pertimbangan seseorang untuk menurunkan berat badan.

Bagi anda yang tidak mempunyai waktu untuk berolahraga demi tujuan tersebut, kami berikan deretan kebiasaan yang bisa anda praktekan untuk  menurunkan berat badan.



Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Kegiatan ini dapat meningkatkan rasa kenyang, makanan pun dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim di mulut sehingga kalori yang masuk menjadi lebih sedikit.


Menggunakan Piring Kecil

Hal ini dilakukan bila tersaji makanan tidak sehat. Sehingga dapat mengontrol asupan makanan sehat ke dalam tubuh. Jika tersedia makanan sehat, maka hendaknya menggunakan piring besar agar kesehatan dan berat tubuh ideal tercapai.


Mengkonsumsi Banyak Protein

Hormon Ghrelin -berfungsi menstimulus rasa kenyang- dan GLP-1 dapat dirangsang oleh protein. Hal ini mengakibatkan sedikitnya kalori yang diterima tubuh. Protein dapat ditemukan pada telur, dada ayam, ikan, dan kacang Almond.


Meletakkan Makanan Tidak Sehat Pada Lokasi yang Tidak Terlihat

Hal ini dilakukan untuk menjaga keinginan mengkonsumsi makanan tak sehat. Sebagai gantinya, letakkan buah pada posisi yang mudah terlihat dan terjangkau. Sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan dapat diganti dengan memakan buah tersebut.


Mengkonsumsi Makanan Mengandung Serat

Makanan mengandung serat membuat anda tahan lapar dalam jangka waktu lama. Sehingga efektif untuk program penurunan berat badan. Serat ini terdapat pada sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, biji rami, serta suplemen glucomannan.


Meminum Air Putih Sebelum Makan

Aktivitas ini dapat mencegah dehidrasi yang dapat memicu rasa lapar. Takaran yang disarankan adalah 0,5 liter sebelum makan.


Makan dengan Porsi Lebih Sedikit

Perlu keinginan kuat untuk menjalani aktivitas ini mengingat anda sudah terbiasa mengkonsumsi makanan dalam porsi sehari-hari. Fokuskan tujuan pada program penurunan berat badan sehingga anda akan terbiasa dengan perubahan pola makan yang baru.


Fokus Ketika Sedang Makan

Pengalihan perhatian (distraksi) ketika sedang makan berpotensi meningkatkan konsumsi kalori sebesar 25% dibanding ketika fokus saat makan.


Menjaga Pola Tidur dan Menghindari Stres

Kurang tidur dan stres dapat mengganggu hormon leptin (berfungsi merangsang rasa lapar), ghrelin, dan kortisol. Sehingga dapat meningkatkan rasa lapar.


Aktif Bergerak

Tentunya untuk mengganti porsi olahraga, anda harus beraktivitas lebih untuk mengeluarkan keringat sehingga dapat menghilangkan kadar kalori dalam tubuh. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan membersihkan rumah, menaiki tangga, menguras kolam, atau berkebun serta aktivitas lain yang dapat mengeluarkan keringat.