Cara Mengatasi Masalah Koneksi WiFi Laptop


Cara Mengatasi Masalah Koneksi WiFi Laptop - Seringkali kendala koneksi wifi yang tiba-tiba mati terjadi pada perangkat elektronik. Beberpaa faktor dapat menjadi penyebab situasi ini, contohnya adalah sistem wifi itu sendiri atau kelalaian dari penggunaan sebelumnya.

Berikut ini akan dulas bagaimana cara mengatasi masalah laptop yang tidak bisa terkoneksi dengan WiFi.

Cara Mengatasi Masalah Koneksi WiFi Laptop


Mengaktifkan Adapter Wifi pada Laptop

Hal ini mungkin terjadi karena kelalaian pada penggunaan sebelumnya yang mematikan pengaturan wifi di laptop. Untuk menghidupkannya, silahkan anda menekan tombol Fn+F3 atau dengan mengklik Network and Internet pada menu Control Panel.

Selanjutnya pilih Network and Sharing Center dan klik Change Adapter Setting. Arahkan kursor pada tampilan Wifi, kemudian klik kanan dan pilih Enable.


Mengatur Ulang IP Address

Caranya sama dengan langkah pertama di atas namun pada pengaturan Wifi-nya, anda pilih Properties. Pada kolom Networking, klik Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4). Selanjutnya  pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain an DNS server address automatically.


Install Ulang Driver Wifi Laptop

Driver berfungsi untuk melakukan pengendalian pada komponen yang terhubung pada komputer atau laptop. Jika terdapat gangguan pada koneksi wifi, bisa saja driver mengalami gangguan dan sebaiknya anda perlu melakukan install ulang untuk memperbaikinya. Tentunya dengan terlebih dulu meng-uninstall driver wifi.

Caranya adalah dengan mengklik menu Control Panel pilih Hardware and Sound kemudian pilih Device Manager. Langkah selanjutnya adalah mencari driver wifi milik anda yang tadinya telah ter-install untuk selanjutnya klik kanan dan pilih Uninstall. Proses selanjutnya adalah melakukan peng-install-an ulang menggunakan driver wifi yang anda miliki.


Restart Laptop

Jika dengan ketiga langkah di atas belum dapat menyelesaikan masalah, mungkin anda harus me-restart laptop atau komputer sehingga diharapkan dapat menormalkan kembali seluruh sistem yang akan berjalan.


Restart Router Wifi

Langkah pamungkas adalah dengan me-restart ulang Router Wifi. Karena bisa jadi kendala yang terjadi berasal dari gangguan pada router.