Tips Aman Menggunakan Ponsel Demi Kesehatan Mata


Tips Aman Menggunakan Ponsel Demi Kesehatan Mata - Tak dipungkiri, berlama-lama menggunakan smartphone akan membuat iritasi pada mata. Hal ini terjadi karena efek radiasi dari layar sehingga dapat meningkatkan resiko kanker di dalam mata.

Berikut ini kami bagikan cara aman melindungi mata dari sinar radiasi ponsel, di antaranya sebagai berikut:

Tips Aman Menggunakan Ponsel Demi Kesehatan Mata


Menjaga Jarak Pandang

Idealnya, jarak pandang mata dengan ponsel adalah sekitar 30 cm. Sama dengan jarak pandang mata ketika membaca buku. Kalaupun anda menggunakan kacamata, disarankan menggunakan kacamata sesuai ukuran dan kenyamanan anda sehingga jarak ideal pandangan mata ke ponsel tetap terjaga.


Sering Berkedip

Hal ini dilakukan demi menjaga agar mata tidak cepat kering sehingga akan memicu iritasi pada mata.


Istirahatkan Mata

Mata berhak untuk mendapatkan istirahat akibat lelah menatap layar ponsel. Waktu terbaik untuk mengistirahatkan mata adalah setelah 20-30 menit pemakaian ponsel.


Mengatur Tampilan Layar

Brightness atau kecerahan pencahayaan pada ponsel perlu diatur sedemikian rupa hingga mata terasa ideal untuk menatap layar. Pengaturan juga meliputi pencahayaan ketika di ruangan terang atau sedikit redup. Tak lupa untuk mengatur ukuran huruf agar mata tidak cepat lelah.


Membersihkan Layar Ponsel

Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu pandangan mata. Gunakan tisu untuk membersihkan layar.


Menggunakan Screen Protector

Benda ini penting untuk mengurangi pancaran cahaya secara berlebihan. Sehingga dapat mengantisipasi radiasi berlebih terhadap mata akibat sinar ultraviolet ponsel.